Sederet Nama Petinggi BUMN yang Masuk Dalam Tim Kampanye Capres, Tiga Orang Sudah Mundur

Jumat, 10 November 2023 - 08:39:06 WIB

TKN diumumkan.
TKN diumumkan.

IMCNews.ID, Jakarta - Pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran telah mengumumkan Tim Kampanye Nasional (TKN) yang akan menjadi "panglima perang" mereka belum lama ini.

Dari deretan nama yang tercantum dalam jajaran TKN itu terdapat sejumlah nama petinggi di perusahaan plat merah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bahkan, ketua TKN, Rosan Perkasa Roeslani merupakan wakil menteri BUMN. Dia baru dilantik Presiden Joko Widodo sebagai pada 17 Juli 2023. Tapi Rosan sudah mengundurkan diri dari jabatannya setelah ditetapkan sebagai Ketua TKN.

"Presiden (Jokowi) telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Wamen BUMN Rosan P. Roeslani. Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui keppres tertanggal 25 Oktober 2023," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dilansir dari CNN Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyebut banyak komisaris BUMN yang ditunjuk menjadi tim kampanye Capres-Cawapres.

Mereka harus mengundurkan diri. Sebab, aturannya mengatur bahwa petinggi BUMN yang menjadi tim kampanye harus mengundurkan diri.

"Loh kalau memang sudah terdaftar kan aturannya seperti itu, bukan saya memaksa, tapi aturannya ada," katanya mengutip CNBC Indonesia.

Ini deretan nama petinggi BUMN yang masuk sebagai tim kampanye Capres-Cawapres dan mengundurkan diri: 

1. Rosan Roeslani

Selain mundur dari jabatan wamen BUMN, Rosan Roeslani juga mengundurkan diri dari kursi wakil komisaris utama PT Pertamina (Persero). Mundurnya Rosan dikonfirmasi pada hari yang sama setelah ia diberhentikan dengan hormat dari Kementerian BUMN.

2. Budiman Sudjatmiko

Eks politikus PDI Perjuangan itu tak lagi menjabat sebagai komisaris independen PT Perkebunan Nusantara V atau PTPN V. Ia langsung melapor ke Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu (8/11) untuk mengajukan pengunduran diri.

3. Muhammad Arief Rosyid Hasan

Dia melepas jabatan komisaris PT Bank Syariah Indonesia (BSI). Dia dipercaya sebagai komandan pemilih muda dalam struktur TKN Prabowo-Gibran. 

Selain nama tersebut, ada beberapa nama dalam TKN yang tercatat sebagai komisaris BUMN. Mereka antara lain Wakil Ketua TKN Condro Kirono yang merupakan Komisaris PT Pos Indonesia (Persero), Wakil Ketua TKN Ali Masykur Musa yang merupakan Komisaris Utama PT Pelni (Persero), Wakil Ketua TKN Gustaaf Patty yang merupakan Komisaris PT Pupuk Kaltim, serta Wakil Komandan Relawan, Maret Sueken yang merupakan Komisaris PT Djakarta Llyod (Persero).

Nama-nama tersebut ada di situs perusahaan. Namun, belum diketahui apakah telah mengajukan pengunduran diri atau belum. (*)



BERITA BERIKUTNYA