Jalan Alternatif Simpang Karmeo - Kilangan Rampung, Gubernur Ajak Rawat Bersama

Senin, 09 Januari 2023 - 07:15:03 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Pengerjaan jalan Simpang Karmeo - Kilangan, Kabupaten Batanghari akhirnya rampung. Jalan ini dilaksanakan lewat Karya Bhakti TNI Korem 042 / Garuda Putih.

Penutupan kegiatan Karya Bhakti sebagai tanda selesainya jalan tersebut dilakukan oleh Gubernur Jambi, Al Haris, Sabtu (7/1/2023) kemarin.

Jalan ini disebut Al Haris, dapat memangkas jarak ke Kota Jambi hingga 15 kilometer dibandingkan melewati jalur Simpang Tembesi - Muarabulian - Kota Jambi. 

Jalan Ini menjadi jalan alternatif dari Kerinci, Merangin, dan Sarolangun menuju Kota Jambi serta membantu dalam mengurai kemacetan akibat angkutan batu bara.

"Mari bersama merawat jalan yang baru selesai pembangunannya, sehingga dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang lebih lama," tutur Haris.

Jalan ini merupakan alternatif untuk mengurai kemacetan akibat aktivitas angkutan batu bara yang kian semrawut.

Penutupan Karya Bhakti TNI Korem 042 / Garuda Putih ini dilaksanakan di Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari.

Al Haris mengucapkan terima kasih atas kerja sama TNI dan rakyat dalam kegiatan pengerasan ruas jalan Simpang Desa Karmeo, Kecamatan Batin XXIV ke Desa Kilangan, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari.

“Masyarakat sangat membutuhkan dan mendambakan pengerasan jalan ini, karena dapat mendukung kegiatan dan aktivitas sehari-hari masyarakat, serta pemasaran hasil pertanian dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ia mengemukakan, kegiatan Karya Bhakti TNI menjadi wujud bakti TNI terhadap rakyat dalam mengentaskan kesulitan yang ada di tengah masyarakat. 

Kegiatan Karya Bhakti dapat mempercepat pembangunan di pedesaan, meningkatkan perekonomian masyarakat serta harga tanah sepanjang jalan ini bisa menjadi naik.

“Kegiatan Karya Bhakti TNI ini merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan TNI yang tidak hanya melakukan pembangunan fisik atau infrastruktur saja, tetapi juga pembangunan manusia atau non fisik, salah satunya memberikan penguatan kesatuan bangsa dan pembangunan karakter,” tuturnya.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman, mengucapkan terima kasih banyak untuk semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah yang telah berkontribusi pada Karya Bhakti TNI Korem 042/Garuda Putih.

"Keterlibatan masyarakat tentu menjadi hal penting, terlebih ruas jalan ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," katanya.

Danrem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI Supriono menyampaikan, Karya Bhakti TNI melibatkan semua unsur baik dari Kabupaten dan masyarakat, dimana pembukaan dan pengerasan jalan tersebut mulai pada Oktober 2022 lalu. 

Banyak kendala yang terjadi pada saat pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 44 kilometer karena ada beberapa titik jalan yang jalurnya sedikit sulit sehingga butuh pengerjaan ekstra.

"Terima kasih masyarakat yang selalu mendukung pengerjaan jalan, mulai dari pembebasan lahan, menggunakan jalan masyarakat untuk alat berat, sehingga pembangunan jalan alternatif ini dapat terlaksana," ungkapnya. (adv)



BERITA BERIKUTNYA