Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Mulai Pekan Depan

Minggu, 19 Desember 2021 - 10:51:34 WIB

Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dijadwalkan akan mulai dilaksanakan Senin (20/12/2021) pekan depan. Kegiatan vaksinasi kelompok umur tersebut bakal digelar serentak di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM). 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi melalui surat ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi. "Sebab yang punya peserta didik adalah Disdik, jadi kami izin untuk menyelenggarakan vaksin pada kelompok usia 6-11 tahun," kata Ida. 

Dia menyebut, jadwal pelaksanaan vaksin sudah tersusun, dimulai pada pekan depan. 

"Jadi seluruh Puskesmas dan sekolah bisa melakukan koordinasi untuk menyelenggarakan vaksin ini, sebab mekanismenya diatur oleh guru dan petugas Puskesmas," ujarnya.

Soal jumlah anak usia 6-11 yang akan divaksin, Ida belum bisa memastikan. Dia mengaku masih berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan lebih lanjut. 

"Kami masih belum bisa menyebutkan, berapa jumlah peserta didik usia 6-11 tahun yang bakal kita vaksin, dan berapa jumlah vaksin yang diperlukan, sebab saat ini masih berkoordinasi," katanya.

Kata Ida, dalam melakukan vaksinasi, nantinya anak harus didampingi para orangtua. Vaksin yang akan disuntikkan adalah jenis Sinnovac, dan nantinya akan diberikan sebanyak 2 kali. 

"Jarak antara vaksin pertama dan vaksin kedua diberikan setelah 28 hari dari vaksin yang pertama," katanya.

Ida mengatakan, tujuan diberikan vaksin terhadap kelompok usia 6-11 tahun ini adalah guna mempercepat Herd Immunity di tengah masyarakat. Selain itu juga mencegah penularan virus Covid-19.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Mulyadi. Menurutnya, pihaknya akan menggelar rapat bersama dengan Dinas Kesehatan sebelum vaksin digelar.

"Kami belum bisa menyebut secara pasti berapa jumlah siswa yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Jambi yang bakal divaksin, karena saat ini kami masih melakukan koordinasi. Nanti kalau sudah final datanya akan saya sampaikan. Sebab, surat dari dinas kesehatan baru kita terima, kami akan rapat terlebih dahulu," katanya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA