Tiga Bulan Belum Terima Gaji, Nasib Guru Honor di Kota Jambi Memprihatinkan

Kamis, 16 November 2023 - 09:27:32 WIB

foto ilustrasi guru honorer memperjuangkan nasibnya
foto ilustrasi guru honorer memperjuangkan nasibnya

 IMCNews,id, JAMBI - Krisis keuangan kembali menimp para guru honor di Kota Jambi. Dalam sebuah laporan terbaru, terungkap bahwa guru honor di SDN dan SMPN di Kota Jambi belum menerima gaji mereka selama tiga bulan terakhir.

 Hal ini diungkapkan anggota DPRD Kota Jambi, M Yasir, yang juga Ketua Fraksi Gerindra. Dia mengaku prihatin dengan nasib guru honorer tersebut. "Banyak keluhan dan pengaduan dari guru honor masuk ke saya," ujar M Yasir pada Rabu (15/11/2023).

 Guru-guru ini tidak hanya berjuang untuk menyampaikan ilmu kepada generasi masa depan, tetapi mereka juga harus menghadapi beban keuangan yang berat. Mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan harian dan bahkan kesulitan membeli kebutuhan dasar, seperti susu untuk anak-anak mereka.

 M Yasir menyoroti bahwa tiga bulan tanpa gaji adalah suatu hal yang tidak dapat diterima, terutama mengingat peran krusial para guru honor dalam membentuk karakter anak-anak Kota Jambi.

 "Ini menyangkut pendidikan di Kota Jambi, jangan menuntut guru honor profesional, tapi hak mereka tidak diberikan. Jangan tunda hak guru honorer, mereka hanya mengharap itu," ungkapnya dengan nada prihatin.

 Sementara itu, Kepala Bidang PTK dan Kurikulum Mulok Dinas Pendidikan Kota Jambi, Mardiyansah, memberikan klarifikasi terkait jumlah guru honor yang belum menerima gaji.

Namun, dia menegaskan bahwa guru honor yang gajinya ditanggung melalui APBD Kota Jambi seharusnya sudah menerima pembayaran setiap bulan.

 Masyarakat Kota Jambi menantikan tindak lanjut dari Pemerintah Kota Jambi terkait krisis keuangan ini, sementara para guru honor berharap agar hak-hak mereka segera dipenuhi agar mereka dapat melanjutkan tugas mulianya dengan tenang dan tanpa beban finansial. (*)

 

 



BERITA BERIKUTNYA