Jadwal Pendaftaran CPNS-PPPK Belum Pasti

Rabu, 16 Juni 2021 - 07:40:04 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Peminat lowongan CPNS dan PPPK harus lebih bersabar. Pasalnya, hingga saat ini, kapan jadwal pendaftaran bakal dibuka belum ada kepastian menunggu informasi lebih lanjut dari Pansel Nasional, BKN dan Menpan RB. 

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Jambi, Nur Hamid Hadi mengatakan, pihaknya sudah rapat koordinasi (Rakor) bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi dan UPT BKN Jambi, membahas penerimaan CPNS dan PPPK. 

“Intinya kita masih menunggu. Memang, seharusnya saat ini sudah masuk jadwal pengumuman, tapi ditunda. Insya Allah segera diumumkan,” katanya, Selasa (15/6/2021).

Menurut dia, pelaksanaan tes CPNS akan dilaksanakan dalam dua kali seleksi, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diperkirakan dilakukan pada Juli hingga September mendatang dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Oktober. 

“Karena formasi ini diharapkan final pada Desember 2021, pada 1 Januari diharapkan sudah ditetapkan CPNS-nya. Tapi itu tadi, kita masih menunggu,” jelasnya.

Saat ditanya apakah dengan ditundanya pengumuman seleksi CPNS ini, kuota CPNS di Kota Jambi dapat bertambah, menurut Nur Hamid Hadi mungkin saja terjadi. Namun itu kembali lagi keputusan pemerintah pusat.

“Kemungkinan-kemungkinan itu bisa saja. Karena kalau kita lihat, jumlah kebutuhan PPPK sesuai dengan real yang dibutuhkan. Sedangkan CPNS ini masih kurang dengan kebutuhan yang diusulkan. Apalagi kabupaten lain malah ada yang tidak dapat formasi CPNS, tapi keputusan ada di pemerintah pusat,” sebutnya. 

Dia menyampaikan, tahun sebelumnya, per CPNS dianggarkan Rp170 ribu. Sedangkan tahun ini diperkirakan menjadi Rp200 ribu.

“Tahun ini diperkirakan jumlah pendaftar tidak banyak seperti tahun sebelumnya. Apalagi masih pandemi Covid-19, dan spek (CAT) akan ditingkatkan. Sedangkan anggaran PPPK itu sudah dari kementerian pendidikan anggarannya,” pungkasnya. (IMC01) 



BERITA BERIKUTNYA