Perhatikan Empat Jenis Pada Mesin Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Dibawa Beraktivitas Saat Pagi

Rabu, 17 April 2024 - 07:57:02 WIB

IMCNews.ID, Jakarta - Mobil kesayangan tentunya membutuhkan perhatian lebih. Apalagi usianya sudah tidak muda lagi, alias mobil lama.

Sebelum melakukan aktivitas pada pagi hari, ada baiknya melakukan pengecekan secara berkala ke empat komponen utama Mobil kamu.

Pengecekan secara sederhana ini dapat menjadi gambaran soal kondisi mobil yang akan dikendarai.

Berikut empat komponen yang bisa diperiksa secara mandiri untuk mengetahui kondisi mobil kamu:

1. Cek Air Radiator

Radiator menjadi salah satu komponen penting yang patut menjadi perhatian. Jika kondisi pendingin mesin ini bermasalah, dapat menyebabkan mobil overheat hingga mati mendadak.

Air radiator berfungsi menjaga kondisi mesin agar tetap bekerja pada temperatur yang seharusnya.

Cara mudah memeriksanya adalah dengan melihat ketinggian air di tabung cadangan (resevoir). Pastikan air di reservoir berada di antara batas terendah dan tertinggi.

Jika air berkurang baiknya segera ditambah. Tapi jangan pula mengisi air radiator hingga melewati batas “Full” karena menyebabkan air tak dapat tersedot masuk ke dalam cooling system.

Satu catatan, pada mesin modern, sebaiknya tidak membuka tutup radiator. Pasalnya, pada mesin-mesin tertentu, gelembung udara pada cooling system dapat membuat mesin overheat.

2. Periksa Aki

Jika aki dalam keadaan rusak/soak maka mobil tidak akan bisa dihidupkan. Cara mudah mengecek aki adalah menggunakan voltmeter yang dihubungkan ke terminal plus (+) dan minus (-) aki.

Kemudian, jika kondisi kedua terminal berkarat atau korosi, sebaiknya segera dibersihkan dengan ampelas atau sikat kawat. Periksa juga jumlah cairan elektrolit di dalam aki, jika Anda menggunakan jenis aki biasa.

3. Cek Oli Mesin

Memeriksa oli mesin dilakukan dalam kondisi mesin dingin, terutama di pagi hari. Cara mudah memeriksa oli mesin adalah dengan menarik dipstick berlabel “oil”. Bersihkan batang pengukur oli, masukkan, dan tarik kembali.

Pastikan oli berada dalam batas indikator di ujung dipstick. Jika oli berada cukup jauh di bawah tanda “Full”,  maka Anda harus menambahkan sampai penuh.

4. Cek Oli Transmisi

Oli transmisi pada mobil matic perlu perlu dicek dengan cermat agar komponen ini bisa beroperasi dengan baik. Caranya kurang lebih sama dengan cara mengecek oli mesin.

Cari dipstick dengan label “Transmission”. Lakukan langkah yang sama seperti pengecekan oli mesin.

Anda bisa periksa apakah oli transmisi matik ini masih bersih dan tak ada serpihan logam. Jika ditemukan ada kotoran atau serpihan logam, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut. (*)

Sumber: Gridoto.com


BERITA BERIKUTNYA