Cek Harga dan Ketersediaan Pangan, Pj Walikota Jambi Sidak Pasar dan Gudang

Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:35:01 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Guna memastikan ketersediaan barang dan harga yang stabil, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar dan gudang, Sabtu (9/12/2023).

Dia sidak bersama Forkompimda, Bank Indonesia, Bulog, BPOM, Satgas Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Jambi. Dia mendatangi gudang beras dan ritel modern di kawasan Selincah Paal Merah, serta Pasar Angso Duo Kota Jambi.

Digudang beras, Sri memastikan pasokan beras untuk Kota Jambi tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beberapa periode waktu ke depan. 

Begitu juga untuk ritel modern yang berada di kawasan Selincah Paal Merah, Sri meninjau ketersediaan stok komoditas pokok dan keterjangkauan harga yang dapat diperoleh oleh masyarakat.

Saat berada di Pasar Angso Duo, dia juga tampak berdialog langsung dengan sejumlah pedagang dan masyarakat, untuk memastikan kondisi riil yang ada di tengah masyarakat.

"Melihat kondisi dagangan di Pasar Angso Duo ini, khususnya tadi cabe, alhamdulillah harga cabe mengalami penurunan. Hari ini kita bandingkan dengan hari-hari yang lalu, minggu lalu itu cabe rawit itu di harga 60 ribu perkilo, sekarang sudah berkurang di harga 38 ribu sampai 40 ribu," katanya.

"Yang masih tinggi itu di harga cabe setan, biasanya di harga 100 ribuan sekarang sudah turun di harga 80 ribu rupiah. Untuk daging ayam stabil, ikan mengalami penurunan, bawang merah dan bawang putih naik sekitar 2 ribu rupiah, dan yang jelas kondisi pasar Angso Duo terkendali dari sisi penyedian bahan-bahan komoditas, yang sekarang ini semua daerah mengalami permasalahan untuk penyedian bahan bahan itu," tambahnya.

Untuk komoditas beras, Sri mengatakan, bahwa pihaknya akan memberi perhatian khusus agar ketersediaan dan distribusinya lancar dan stabil di Kota Jambi.

"Untuk ketersediaan beras, akan kami tindak lanjuti bersama seluruh distributor, supaya supply dan demmandnya selalu baik dan stabil, sehingga tidak ada lonjakan harga menjelang natal dan tahun baru yang akan datang," ungkap Sri.

Sri juga sampaikan bahwa penting untuk membangun komitmen seluruh pihak agar upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi berjalan baik.

"Agar inflasi Kota Jambi cepat turun dan konsisten terkendali, Pemkot akan melanjutkan beberapa rencana aksi, salah satunya dengan menggelar rapat khusus bersama para distributor dan agen untuk komitmen menjaga stabilitas harga komoditas pokok dan strategis penyumbang inflasi. Pemkot juga akan merealisasikan kerjasama dengan daerah penghasil yang telah diinisiasi sebelumnya, untuk menjaga stabilitas supply komoditas yang dibutuhkan, terus berkesinambungan. BI dan Bulog siap untuk mensupport sisi distribusi dan biaya angkutnya," jelas birokrat Kemendagri itu.

Sri juga dalam kesempatan itu menginformasikan, bahwa Pemkot Jambi Senin mendatang (12 Desember 2023- red) akan menggelar kegiatan Gelar Pangan Murah dan lanjutan operasi pasar di beberapa lokasi di Kota Jambi. (*)



BERITA BERIKUTNYA