Jangan Sampai Kecolongan, Ratusan Personel Kawal Aktivitas Angkutan Batu Bara yang Kembali Beroperas

Selasa, 06 Desember 2022 - 11:59:18 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Angkutan batu bara kembali beraktivitas sejak Senin (5/12/2022) malam pasca perbaikan jalan sridadi, Kabupaten Batanghari.

Tak mau kecolongan, sebanyak 130 personel gabungan diterjunkan ke lapangan untuk memantau aktivitas angkutan batu bara ini.

Sebelum truk angkutan batu bara bergerak, tim gabungan dari Ditlantas Polda Jambi dan anggota Polres Batanghari mengumpulkan para sopir angkutan batu bara di Tambang Batubara, Koto Boyo, Batin XXIV, Batanghari. 

Personel melakukan sosialisasi kepada para sopir agar mentaati aturan yang sudah disepakti. 

"Sesuai arahan Kapolda Jambi, personel mulai melakukan imbauan kepada sopir truk batu bara agar beroperasi sesuai waktu yang ditentukan," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, Senin (5/12/2022). 

Menurut Mulia, pihaknya juga menghimbau kepada sopir agar taat lalu lintas dan tidak arogan di jalanan. 

"Kita juga meminta Dishub untuk mengawasi mobil yang over load atau kelebihan muatan sesuai dengan aturan yang telah disepakati," tegasnya.

Pada Senin (5/12/2022) pagi, dilaksanakan apel gelar pasukan pengamanan lalu lintas kendaraan batu bara di Lapangan Apel Wicaksana Laghawa dipimpin Kapolres Batanghari, AKBP Bambang Purwanto.

Pasukan pengamanan yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengawas (Satgaswas) tersebut terdiri dari Anggota Polres Batanghari, Ditlantas Polda Jambi, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Kabupaten Batanghari, Satpol PP Provinsi Jambi dan Kabupaten Batanghari. 

Tugas tim Satgaswas ini adalah mengurai kepadatan arus lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan di wilayah Batanghari.

Kasat Lantas Polres Batanghari, AKP Sudiharsono mengatakan tim Satgaswas di kerahkan di lima pos pantau.  

Pertama, di Simpang BBC, Kelurahan Sridadi, Simpang Muara Tembesi, Desa Jebak, dan Desa Koto Boyo. 

Personel juga disiagakan di 13 titik yang rawan kemacetan. Mulai dari BBC, Tembesi hingga Koto Boyo.

“Personel yang dikerahkan berjumlah 130 orang. Terdiri dari Polri, TNI, Dishub Jambi, Batanghari, Satpol PP Provinsi Jambi dan Batanghari. Mulai sore ini (Senin sore) sudah bertugas hingga kegiatan selanjutnya,” tegasnya.

Menurut Sudiharsono, angkutan batu bara sudah diperbolehkan melintas mulai pukul 19.00 Wib. Petugas di lapangan akan melakukan pengawalan dari mulut tambang. 

Petugas akan melakukan patroli, mengatur lalu lintas dan buka tutup lalu lintas sesuai situasi diperlukan. 

“Personel akan membantu semua yang ada di jalan. Bukan hanya angkutan batu bara. Jadi masyarakat pengguna jalan akan dilayani dan difasilitasi supaya lalu lintas menjadi lancar," jelasnya. (*)



BERITA BERIKUTNYA