16 Pencuri Lintas Provinsi Dibekuk Polisi

Minggu, 06 Maret 2022 - 16:55:45 WIB

IMCNews.ID, Cirebon - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat membekuk 16 pencuri kendaraan bermotor dari sembilan kasus yang berhasil diungkap selama Operasi Jaran Lodaya 2022.

"Selama 10 hari operasi kami menangkap sebanyak 16 tersangka tindak pidana pencurian kendaraan bermotor," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Minggu (6/3).

Ia mengatakan 16 tersangka yang ditangkap itu merupakan pelaku tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, baik pelaku utama atau pemetik, maupun penadah kendaraan.

Menurutnya tersangka yang ditangkap yaitu MA, MN, AH, JN, TG, MA, JD, EI, GY, DI, IM, NI, SA, CA, DA, dan NM. Para tersangka ini merupakan pelaku pencurian serta penadah hasil curian.

Arif melanjutkan para tersangka tersebut ditangkap di wilayah hukum Polresta Cirebon, mulai dari Kecamatan Sumber, Asjap, Waled, Arjawinangun, Susukan, dan Kecamatan Babakan.

"Mereka ini merupakan jaringan antarprovinsi, karena melakukan aksinya bukan hanya di Cirebon, namun di Semarang, Jakarta, Tangerang, dan lainnya," tuturnya.

Arif menambahkan selain menangkap 16 tersangka, pihaknya juga menyita beberapa barang bukti di antaranya 20 unit sepeda motor, kunci T, telepon genggam, dan senjata tajam.

Para tersangka dikenakan Pasal 363, 365 KUHP dan 480 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 12 tahun.

Ia juga memastikan mengembalikan kendaraan kepada para korbannya gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali.

"Dan kami juga pastikan prosesnya tidak berbelit-belit, karena itu semua merupakan hak korban," katanya. (IMC02/ant)

 



BERITA BERIKUTNYA