Kota Jambi Dikepung Banjir Dadakan

Selasa, 13 Juli 2021 - 05:50:48 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Sejumlah wilayah di Kota Jambi dikepung banjir dadakan akibat hujan yang mengguyur sejak Senin (12/7/2021) sore hingga malam kemarin. 

Lokasi yang terendam banjir dadakan seperti di di Pintu Besi pal VI, kawasan kantor Inspektorat Kota Jambi, Kelurahan Paal V, Kecamatan Kotabaru, RT 03 Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, kawasan Hotel Aini serta berapa titik lainnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Jambi, Yunius menyebut, daerah yang terendam tersebut memang langganan banjir dadakan. Dia mengatakan, kini daerah tersebut juga tengah ditangani. 

BACA JUGA : Serapan Anggaran Masih Rendah, Haris Warning OPD

Luapan air itu, kata dia, disebabkan adanya penyempitan drainase. Selain itu, adanya sarana penunjang jalan yang belum maksimal.

“Ini masalah lama. Konsekusensinya berkaitan dengan aksesibilitas dan sarana penunjang jalan. Seperti box crossing yang kurang diperlebar, dan aliran parit yang seharusnya langsung masuk ke sungai tapi tidak masuk ke sungai,” kata Yunius. 

Menurut dia, permasalah tersebut tidak hanya terletak pada jalan atau bangunan yang dimiliki Pemkot Jambi semata. Namun juga ada yang berstatus provinsi dan nasional.

“Rata-rata kebagian masalah semua. Seperti contoh di Kota, itu ada di RT 42 belakang Jamtos tidak ada parit di sana sehingga air meluap dan tergenang. Ya pada intinnya aliran air ini tidak boleh terhalang,” tegasnya.

Meski begitu, Yunius tak menampik, jika hujan kembali terjadi dengan kondisi deras dan lama, tentu hal serupa dapat saja kembali terjadi sewaktu-waktu. 

“Itu tidak bisa dielakan, tapi kita tetap berusaha mengatasinya,” tukasnya. (*)



BERITA BERIKUTNYA