Enam Nama Diusulkan ke Kemendagri Sebagai Calon Pj Bupati Muaro Jambi dan Sarolangun

Kamis, 18 April 2024 - 09:34:41 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah mengusulkan 6 nama yang akan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi dan Sarolangun ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pasalnya, jabatan Pj Bupati di dua daerah itu akan berakhir pada 22 Mei 2024 mendatang. Tiga nama calon pengganti Bachyuni Deliansyah sebagai Pj Bupati Muaro Jambi yakni Johansyah yang saat ini menjabat Kepala Biro Perekonomian dan SDA Setda Provinsi Jambi.

Lalu ada nama Raden Najmi yang kini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi. Satu nama lagi yang diusulkan sebagai Pj Bupati Muaro Jambi yakni Budhi Hartono, Sekda Muaro Jambi.

Sementara untuk pengganti Pj Sarolangun Bachri Bakri yang diusulkan ke Kemendagri yakni Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jambi, Edi Kusmiran, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jambi Ali Zaini serta Asisten III Sekda Provinsi Jambi, Jangcik Mohza. 

Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengakui usulan nama pengganti Pj Bupati Muaro Jambi dan Sarolangun sudah dikirimkan ke Kemendagri.

"Untuk Muaro Jambi dan Sarolangun Pak Gubernur  mengusulkan 3 nama sebagai pengganti Pj bupati yang lama.

Sedangkan usulan DPRD kabarnya tidak diusulkan 3 nama, tetapi hanya 2 nama saja. Jadi untuk Muaro Jambi DPRD mengusulkan 2 nama," katanya, Rabu (17/4/2024).

Menurut Sudirman, nama yang diusulkan Gubernur merupakan Pejabat Eselon II di lingkup Pemprov Jambi. Namun tak menutup kemungkinan DPRD Kabupaten mengusulkan nama Pejabat daerahnya sendiri, seperti Sekda Kabupaten.

Sudirman mengatakan, nama Pj Bupati dua daerah itu akan ditetapkan tak lama sebelum 22 Mei. Karena keputusan final di tingkat pusat dengan persetujuan Presiden.

"Biasanya menjelang pelantikan baru diambil Surat Keputusannya. Kita masih belum bisa memastikan siapa Pj Bupati dua daerah itu selanjutnya, kita belum tahu," pungkasnya. (*)



BERITA BERIKUTNYA