Mau Tahu! Ini Daftar 10 Negara Tertua di Dunia

Minggu, 19 November 2023 - 12:50:55 WIB

Patung Spinx dan Piramida di Mesir.
Patung Spinx dan Piramida di Mesir.

IMCNews.ID - Usia bumi susah tidak lagi muda, diperkirakan mencapai 4,54 miliar tahun. Tapi, negara manakah sebenarnya yang merupakan negara tertua di dunia.

Melansir Howstuffworks, ada sejumlah wilayah di dunia ini dengan sejarah pemerintahan atau peradaban yang terorganisir secara detail.

Berikur daftar 10 negara tertua di dunia berdasarkan budaya dan sistem pemerintahan yang diwariskan: 

1. San Marino

San Marino merupakan negara kecil yang berada di semenanjung Italia. Negara ini memegang Guinness World Record sebagai republik tertua di dunia. 

Luas negara ini hanya 62,2 kilometer persegi. Meski kecil, tapi San Marino telah berhasil mempertahankan kemerdekaannya selama berabad-abad.

Tradisi, San Marino didirikan pada tanggal 3 September 301 M oleh St. Marinus. Meskipun para sejarawan memperdebatkan tanggal pendiriannya, memang benar bahwa San Marino telah berfungsi sebagai republik dengan pemerintahan sendiri setidaknya sejak abad ke-13 Masehi.

2. Jepang

Jepang memiliki tanggal pendirian yang semi-mitos. Kaisar Jimmu yang legendaris, keturunan dewi matahari Amaterasu, diyakini mendirikan dinasti kekaisaran Jepang pada tahun 660 SM, menjadikan Jepang monarki turun temurun tertua di dunia.

Para sejarawan memperkirakan berdirinya negara Jepang terjadi sekitar pertengahan abad ke-4 M, ketika negara-negara di kepulauan ini bergabung menjadi satu.

3. Meksiko

Berdirinya peradaban Olmec pada 1200 SM menjadi sejarah Meksiko. Suku Olmec tinggal di sepanjang Teluk Meksiko dan Meksiko selatan.

Suku Olmec kemungkinan besar membentuk bentuk tulisan pertama di Amerika dan memiliki peran dalam jaringan perdagangan yang luas. Pengaruh mereka terlihat pada budaya Maya dan Aztec yang kemudian mendominasi wilayah tersebut.

4. Yunani

Pemerintahan pertama di Yunani masa kini sebenarnya sudah ada sebelum Yunani kuno. Dimulai sekitar tahun 1600 SM, Peradaban Mycenaean terdiri dari beberapa kerajaan, termasuk Thebes dan Athena, yang merupakan kota tertua yang terus dihuni di dunia.

Peradaban Mycenaean berkembang pesat di Yunani hingga pertengahan abad ke-12 SM, ketika Yunani mengalami Zaman Kegelapan. Namun, warisan budaya Mycenaean tetap hidup.

5. Tiongkok

Pemerintahan di Tiongkok dimulai setidaknya pada tahun 1600 SM dengan berdirinya dinasti Shang, sebagai dinasti non-legendaris pertama di Tiongkok.

Dinasti Shang menguasai bagian timur laut wilayah Tiongkok saat ini, meluas hingga ke utara di Provinsi Hebei dan hingga ke barat di Provinsi Henan.

Pada masa pemerintahan Shang (sekitar tahun 1600-1046 SM), orang Tiongkok menciptakan kalender 12 bulan, 360 hari dan mulai mengembangkan sistem penulisan yang digunakan saat ini.

6. Irak

Mesopotamia (sekarang Irak) sering disebut sebagai "tempat lahirnya peradaban". Hal ini membuat Irak menjadi sangat tua. Tapi berapa umurnya?

Salah satu perkiraannya adalah tahun 2334 SM, pada awal masa pemerintahan Sargon. Sargon menyatukan negara-negara kota di kawasan itu di bawah kekaisaran Akkadia dan mendirikan dinasti Semit pertama.

7. Armenia

Buku "Sejarah Orang Armenia" karya sejarawan Armenia, Movses Khorenatsi, mencakup periode sejak penciptaan hingga tahun 428 M. Catatan Khorenatsi menyebutkan berdirinya Armenia pada tahun 2492 SM. 

Namun hingga saat ini, tidak ada bukti yang mendukung tanggal tersebut. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di jurnal Nature menemukan bukti genetik asal usul Armenia antara tahun 3000 dan 2000 SM.

8. India

Pada tahun 2023, PBB menobatkan India saat ini sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. India juga merupakan  salah satu negara tertua di dunia.

Peradaban Lembah Indus, yang berkembang di anak benua India sejak tahun 2500 SM. hingga digantikan oleh peradaban Weda sekitar tahun 1500 SM, yang merupakan peradaban paling luas di antara tiga peradaban besar awal di dunia.

9. Iran

Kerajaan kuno Elam didirikan di wilayah Iran saat ini sekitar tahun 2600 SM. Ibu kotanya adalah Susa, yang kini menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

Bukti arkeologi menunjukkan kehidupan perkotaan di Susa dari milenium kelima SM. sampai abad ke-13 M. Pada puncak kejayaannya di bawah Shilkhak-In-Shushinak, Elam meluas ke barat hingga Sungai Tigris (Irak modern) dan selatan hingga Persepolis.

10. Mesir

Mesir adalah negara tertua di dunia jika kita menerima pendiriannya pada tahun 3150 SM. Itulah perkiraan awal masa pemerintahan Narmer, raja pertama dinasti pertama Mesir, dan akhir periode yang dianggap pradinasti atau Mesir kuno.

Palet Narmer (sekitar 3200-3000 SM) menunjukkan Narmer menyatukan Mesir. Terlepas dari apakah Narmer benar-benar menyatukan Mesir atau tidak, Palet tersebut berasal dari periode ketika Mesir pertama kali menjadi negara yang bersatu, kuat, kaya, dan terpelajar, kata sejarawan Robert J. Wenke dalam The Oxford Encyclopedia of Ancient Egypt. (*)

Sumber: Jawapos.com


BERITA BERIKUTNYA