IMCNews.ID, Jambi- Pemerintah Kota Jambi tengah melakukan Uji Kompetensi (Job Fit) dan Evaluasi Kinerja Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi tahap II Tahun 2022.
Informasi itu diketahui dari pengumuman nomor : Nomor : 06/Pansel-JPTP/2022. Tentang Uji Kompetensi (Job Fit) Tahap II Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2022.
Sekretaris Daerah Kota Jambi, A Ridwan mengatakan, job fit sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.
Oleh karena itu, Pemerintah Kota Jambi melaksanakan uji kompetensi (job fit) tahap II terhadap pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Jambi.
Enam pejabat yang ikut job fit tahap II yakni, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman; Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika; Kepala Satuan Polisi Pamong Praja; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Dinas Sosial.
"Pada dasarnya OPD ini sudah bagus, namun perlu dimaksimalkan dan dioptimalkan lagi. Job fit ini juga sebagai bahan pimpinan (wali kota dan wakil wali kota) sebelum mengambil keputusan (Rotasi, Mutasi dan Demosi)," jelasnya.
Ridwan mengatakan, Job Fit tahap II ini diketuai oleh Prof Syamsurizal Tan. Jika sesuai jadwal, akhir Desember 2022 ini, seluruh tahapan job fit akan selesai.
Sementara saat ditanya terkait Job Fit tahap I, Ridwan mengatakan pengumuman akan dilakukan serentak.
"Jadi sekalian nanti pimpinan yang akan mengambil kebijakan," jelasnya.
Sebelumnya, sebanyak 14 pejabat telah lebih dulu menjalani uji kompetensi (job tit) dan evaluasi kinerja.
Pejabat yang mengikuti uji kompetensi (job fit) tahap I antara lain: Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan; Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik; Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah; Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah; Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan; dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.
Sementara untuk pelaksanaan evaluasi kinerja (JPT Pratama yang telah menduduki jabatan lebih dari lima tahun diantaranya Kepala Dinas Kesehatan; Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan; Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga; Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM Daerah; Kepala Dinas Lingkungan Hidup; Kepala Dinas Perhubungan; dan Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (*)
Kakanwil KemenHam Jambi Bahas Kerja Sama dan Penguatan Sarpras dengan Gubernur Al Haris
Faried Soroti Pengembang Perumahan yang Abaikan Dampak Lingkungan, Kritisi Pemberian Izin
Ketua DPRD Kota Jambi Respon Cepat Kejadian Rumah Warga Aur Kenali yang Amblas
Gubernur Al Haris: Jambi Miliki Sumber Daya Alam yang Sangat Luar Biasa
Fasha Ingatkan Tugas dan Peran Ketua RT Sebagai Perpanjangan Tangan Pemerintah