Menteri Agama Sebut Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah Siap Pakai

Senin, 23 Mei 2022 - 13:32:47 WIB

(Foto./Ist)
(Foto./Ist)

IMCNews. ID, Jakarta - Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah, Arab Saudi, siap melayani jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini, menurut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Alhamdulillah, Klinik Kesehatan Haji Indonesia sudah siap (melayani jamaah haji). Tenaga medis dan kesehatan, pelayanan kesehatan, alat kesehatan, dan obat-obatan (semua sudah siap)," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (23/5).

Menteri sebelumnya telah mengunjungi kota untuk memantau kesiapan layanan haji, termasuk dinas kesehatan haji.

Klinik kesehatan terakhir digunakan pada 2019, dan dengan Arab Saudi telah membuka kembali pintunya untuk jemaah haji asing tahun ini, itu akan diaktifkan kembali dengan memperbaiki beberapa instalasi medis, katanya.

Klinik kesehatan haji dilengkapi dengan unit gawat darurat, High Care Unit (HCU), Intensive Care Unit (ICU), fasilitas rawat inap, serta fasilitas lainnya, seperti peralatan laboratorium dan ultrasonografi (USG), kata menteri.

Dijelaskannya, beberapa petugas medis yang siap melayani jemaah haji di fasilitas tersebut adalah dokter umum, dokter gigi, dokter penyakit dalam, spesialis paru, ahli jantung, ahli saraf, ahli anestesi, ahli THT, dan ahli kesehatan jiwa.

Tenaga kesehatan lain yang akan mendampingi jemaah haji Indonesia di fasilitas tersebut adalah ahli gizi, ahli radiologi, apoteker, dan petugas penunjang lainnya. Sekitar enam ambulans juga sudah siap di dinas kesehatan, tambahnya.

Qoumas kemudian berpesan kepada calon jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan fisik, termasuk dengan memastikan asupan makanan dan cairan yang cukup sebelum dan selama haji.

Menurut badan meteorologi nasional Saudi, jemaah haji tahun ini mungkin menghadapi kondisi panas terik selama ziarah mereka, karena suhu siang hari di Mekah dan Madinah dapat mencapai 49 derajat Celcius. (IMC02/ant)



BERITA BERIKUTNYA