Polisi Siapakan Alat Berat di Pos Pelayanan Daerah Rawan Longsor

Jumat, 29 April 2022 - 22:08:21 WIB

IMCNews.ID, Padang - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan sejumlah alat berat disiapkan di sejumlah pos pelayanan yang berada di kawasan rawan longsor selama Operasi Ketupat Singgalang 2022.

“Ada beberapa titik rawan longsor jika terjadi hujan deras dan ini menjadi prioritas kita,” kata dia dalam keterangan tertulis di Padang,Jumat (29/4).

Apalagi prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan hingga akhir bulan ini.

“Kita siapkan saja di beberapa titik dan di Kota Padang juga kita siapkan,” kata dia.

Hal ini bertujuan mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang atau jalan putus akibat longsor dan jika itu terjadi langsung ada langkah taktis melakukan pembukaan jalan.

“Seluruh personel gabungan ada di setiap pos yang siap melayani pemudik,” kata dia

Polda Sumbar sendiri menyiapkan 89 pos yang terdiri dari 54 unit pos pengamanan yang bertugas mengantisipasi gangguan kamtibmas, kemacetan, keamanan dan lainnya.

Kemudian ada 34 pos pelayanan yang alan memberikan pelayanan kepada pemudik mulai dari bengkel, bantuan bahan bakar, tempat istirahat bagi pengendara yang kelelahan.

Dan satu pos terpadu di Kota Bukittinggi yang merupakan daerah kunjungan wisata di provinsi itu.

“Dalam mengantisipasi kerawanan macet, kecelakaan dan lainnya kita melibatkan seluruh unsur tidak hanya dari kepolisian dan TNI tapi ada Dinas Kesehatan, Damkar, Orari dan Senkom,” kata dia. (IMC02/ant)



BERITA BERIKUTNYA