Sungai Meluap, Banjir Rendam Ribuan Rumah Warga Bungo

Senin, 03 Januari 2022 - 07:47:50 WIB

IMCNews.ID, Bungo - Sungai Batang Bungo dan Batang Tebo meluap akibat tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Bungo beberapa hari belakangan.

Akibatnya, ribuan rumah warga di 12 Kecamatan di Kabupaten Bungo terendam banjir, Minggu (2/1/2022) kemarin. BNPB Bungo mengungkapkan, 12 kecamatan yang dilanda banjir yakni Kecamatan Bathin III Ulu, Rantau Pandan, Muko-Muko Batin VII, Bungo Dani, Pasar Muara Bungo, Bathin III, Tanah Sepenggal, Limbur Lubuk Mengkuang, Jujuhan, Jujuhan Ilir, Pelepat, dan Pelepat Ilir. 

‘’Dari data sementara yang masuk, ribuan rumah di 12 kecamatan tersebut terendam banjir,’’ kata Kepala BNPB Bungo, Tobroni Yusuf. 

Menurut dia, ketinggian air yang merendam 12 kecamatan tersebut bervariasi. Bahkan, ada yang mencapai 1 meter atau lebih. 

‘’Air mulai naik pada malam hari hingga menjelang pagi, pukul 05.00 WIB. Air biasanya kiriman dari mudik atau dusun. Kota Bungo pun ikut terkena banjir, bahkan kali ini cukup besar banjirnya," jelasnya. 

Salah seorang warga terdampak banjir, Matjumari mengatakan banjir kali ini cukup besar. Biasanya, kata dia, debit air yang cukup besar penyebab banjir ini kiriman dari daerah lain dengan tingkat curah hujan tinggi.

"Kami dak bisa menempuh jalan ke pasar. Kami hanya bisa berdoa agar musibah ko cepat selesai,” katanya. 

Mereka juga berharap pemerintah memberikan bantuan. 

"Kami berharap kepada pemerintah bisa membantu. Karena kami sulit memasak, alat dapur terendam banjir semua, " pungkasnya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA