Langkah Al Haris dan Maulana Menuju Pilkada 2024 Kian Mulus, Dukungan PAN di Tangan

Rabu, 22 November 2023 - 19:15:14 WIB

Al Haris dan Maulana yang sama-sama mengantongi restu dan dukungan untuk maju di Pilkada 2024 dari PAN.
Al Haris dan Maulana yang sama-sama mengantongi restu dan dukungan untuk maju di Pilkada 2024 dari PAN.

IMCNews.ID, Jambi - Dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) kian memuluskan langkah Al Haris menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang. PAN sudah menyatakan akan kembali mengusung Al Haris untuk menjadi calon Gubernur Jambi periode kedua.

Selain itu, PAN juga menyatakan dukungan kepada Maulana sebagai calon Walikota Jambi. Mantan Wakil Wali Kota Jambi itu makin mantap melangkah menuju Pilwako 2024.

Dukungan bagi keduanya disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Yandri Susanto dihadapan pengurus dan kader PAN dalam acara grand opening Maulida Convention Center (MCC) pada Selasa (21/11/2023).  

Selain Al Haris dan Maulana, acara itu juga dihadiri Ketua DPW PAN Jamhi, H Bakri. Menurut Yandri, Al Haris adalah Gubernur yang menjadi kebanggaan PAN. Oleh sebab itu, kata dia, PAN akan kembali mengusung Al Haris sebagai calon Gubernur Jambi dalam Pilgub 2024.

"Al Haris adalah Gubernur kebanggaan PAN. Salah satu yang kita (DPP PAN) banggakan adalah Gubernur Jambi. Al Haris kita (DPP PAN) dukung kembali untuk Gubernur Jambi (Pilgub 2024)," kata Yandri.

Pada kesempatan itu, Yandri Susanto juga mengumumkan bahwa PAN akan mencalonkan Maulana untuk posisi Walikota Jambi.  

"Bapak Maulana ini resmi kita usung jadi calon Wali Kota Jambi di Pilwako Jambi 2024 nanti," tambah Yandri.

Menurut dia, Maulana diusung dalam Pilwako 2024 karena rekam jejaknya yang dianggap positif. Terutama sebagai mantan wakil wali kota Jambi. 

Keputusan ini diresmikan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Ketua DPD PAN Kota Jambi kepada Maulana dalam acara tersebut. Sebagai mantan wakil wali kota Jambi, Maulana dianggap memahami dengan baik cara meningkatkan kualitas Kota Jambi menuju Kota Bahagia 2024. 

"Pak Maulana ini resmi kita usung sebagai calon wali kota Jambi di Pilwako 2024 nanti," kata tegasnya.

Sebagai Wakil Ketua DPP PAN, Yandri memastikan bahwa tidak ada kader PAN yang boleh membelot dari keputusan ini. Dia menegaskan, setiap kader PAN di Kota Jambi diwajibkan untuk mendukung dan memenangkan Maulana dalam Pilwako 2024 mendatang.

"Jadi jangan ada yang coba-coba membelot, kader PAN di Kota Jambi wajib mendukung dan memenangkan Pak Maulana di Pilwako menjadi Wali Kota Jambi 2024 nanti," tegas Yandri.

Sebelum mengahadapi Pilkada Serentak 202, Yandri Susanto meminta semua kader PAN di Jambi fokus dulu pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Untuk diketahui, Maulana sendiri baru bergabung dengan PAN dan langsung dipercaya mengisi posisi ketua DPD PAN Kota Jambi. Maulana menggantikan ketua sebelumnya Rusli Kamal Siregar yang dipecat karena dianggap tidak tegak lurus dengan partai.

Maulana sebelumnya merupakan kader NasDem dibawah kepemimpinan Sy Fasha yang memiliki dua kandidat kuat yang bakal maju Pilwako yakni dirinya dan H.A Rahman (HAR).

Dengan dukungan dan penegasan PAN ini, menambah kepercayaan diri keduanya. Selain dukungan partai, keduanya juga memiliki jabatan prestisius di PAN. 

Al Haris adalah Ketua MPP PAN Provinsi Jambi. Sedangkan Maulana dipercaya menjabat sebagai Ketua PAN Kota Jambi.

Di bagian lain, dukungan resmi PAN ini juga membuat calon lawan Al Haris dan Maulana harus bekerja lebih keras lagi. 

Romi Hariyanto misalnya, kader PAN yang juga sudah menyatakan akan maju di Pilgub Jambi nanti. Apakah peluang Romi mendapat dukungan PAN sudah tertutup? 

Sementara ini mungkin iya. Namun, Pilgub Jambi masih lama, lobi lobi politik masih bisa dilakukan. 

Apalagi Romi juga termasuk kader militan dan menjadi kebanggan PAN selama ini. Romi juga dikenal sangat dekat dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan para tokoh senior serta para ketua DPD PAN di Provinsi Jambi. 

Salah satu sumber di internal PAN mengatakan, pernyataan Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto bahwa PAN mengusung Al Haris di Pilgub Jambi 2024 itu terlalu dini.

Dia meyakini, dukungan tersebut belum seratus persen dan mutlak, karena baru hanya sebatas lisan. 

‘’Dalam menetap kandidat yang akan diusung kan ada mekanismenya, tidak bisa ujug ujug begitu. Saya meyakini pernyataan wakil Ketua DPP PAN itu belum merupakan keputusan resmi partai,’’ kata politisi senior PAN ini. 

Semantara itu, untuk Pilwako Jambi, saingan berat Maulana, H Rahman (HAR) juga harus bekerja lebih keras lagi. Selain belum mendapat dukungan Partai, popularitasnya juga masih kalah jauh dengan Maulana. 

Namun, khusus Pilwako Jambi, pengaruh mantan wali Kota Jambi Syarif Fasha masih cukup kuat. Kini baik Maulana maupun HAR harus bisa mendapat dukungan dari Ketua DPW NasDem Provinsi Jambi itu. 

Bagi Maulana, dukungan Fasha akan semakin nenambah kekuatannya. Begitu juga dengan HAR, dukungan Fasha tentu sangat berarti. Selain mendapat dukungan partai (NasDem), pengaruh Fasha juga bisa menaikkan popularitasnya. (*)



BERITA BERIKUTNYA