Diterjang Puting Beliung, 10 Rumah di Tanjabtim Rusak Parah

Selasa, 16 Mei 2023 - 10:32:52 WIB

IMCNews.ID, Muarasabak - Sebanyak 10 rumah di Desa Teluk Majelis, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjab Timur, rusak parah bahkan ambruk akibat diterjang angin puting beliung, Senin (15/5/2023). 

Camat Kuala Jambi, Rasyid mengatakan kerusakan parah terjadi pada bangunan semi permanen. Atap dan dinding papan sejumlah rumah tempat tinggal warga berterbangan.

"Saat ini kami dari pihak Kecamatan, Desa dan Polsek setempat sedang mendata rumah atau bangunan yang mengalami kerusakan akibat musibah tersebut," katanya. 

Rasyid menjelaskan, musibah angin puting beliung tersebut mulai terjadi sekitar pukul 16.00 Wib, Senin kemarin.

Peristiwa ini terjadi akibat cuaca ekstrem bersamaan dengan hujan lebat. Meski tidak berlangsung lama, dampak yang ditimbulkan cukup parah.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Untuk informasi terkait bangunan yang mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan, nanti akan kami data bersama terlebih dahulu," tuturnya.

Saat ini, masyarakat yang rumahnya terdampak, masih berusaha memperbaiki dengan material seadanya agar bisa ditempati sementara waktu.

 Menurut Rasyid, kawasan Pesisir Kuala Jambi sudah beberapa kali mengalami musibah serupa. Sebelumnya kejadian yang sama juga pernah terjadi di wilayah tersebut. 

"Mengingat pesisir Kuala Jambi ini sudah beberapa kali mengalami musibah yang sama, maka saya menghimbau masyarakat setempat untuk tetap waspada dan berhati-hati saat ada kondisi angin yang berbeda dari kondisi normalnya," pungkasnya. (*)



BERITA BERIKUTNYA