Kasus Stunting Kota Jambi Tertinggi di Jelutung

Jumat, 18 November 2022 - 15:03:12 WIB

Wakil Walikota Jambi, Maulana. (ist)
Wakil Walikota Jambi, Maulana. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Kasus stunting di Kota Jambi diketahui yang tertinggi berada di Kecamatan Jelutung. Data ini diketahui berdasarkan data Elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E- PPGBM) Kota Jambi.

Dari data itu diketahui, angka stunting di kecamatan Jelutung pada bulan Agustus 2022 mencapai 158 anak. Meningkat dari bulan Februari yang hanya 109 anak.

Wakil Wali Kota Jambi yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Jambi, Maulana menjelaskan angka stunting di Kota Jambi secara kesesuaian mengalami penurunan setiap tahunnya.

"Ditahun 2018, Kota Jambi angka stuntingnya 26,2 persen. 2019 turun menjadi 18,62 persen. Tahun 2020 tidak dilakukan pendataan akibat Covid-19 dan ditahun 2021 17,4 persen," jelas Maulana.

Maulana mengatakan ditargetkan angka stunting di Kota Jambi bisa terus turun hingga angka 14 persen.

Selain kecamatan Jelutung, Maulana mengatakan peningkatan angka stunting juga terjadi di kecamatan Pelayangan.

"Meski angka stuntingnya sedikit hanya 7 anak. Tapi meningkat dari bulan Februari yang hanya satu anak stunting. Dan bukan berarti di kecamatan lain tidak ada," ujarnya.

Maulana mengatakan, untuk melakukan percepatan penurunan angka stunting di Kota Jambi. Tidak bisa hanya dilakukan oleh satu OPD saja, tapi seluruh instansi terkait juga harus ikut mendukung kegiatan ini.

Ia menjelaskan, Pemkot Jambi sudah melakukan beberapa upaya ekstra untuk penurunan angka stunting. Salah satunya pembagian timbangan serta pelatihan kader.

"Kita sudah membagikan alat timbangan sebanyak 148 alat ukur untuk bayi. Tahun ini juga ada pelatihan kader diajari cara menimbang yang benar," ujarnya.

Selain itu, Maulana juga meminta semua elemen kelurahan, kecamatan dan PKK wajib mengajak orang tua yang punya balita untuk datang ke posyandu melakukan penimbangan. (*/IMC01)



BERITA BERIKUTNYA