Kasdim 0415 Jambi Berikan Wawasan Kebangsaan Sambil Santap Durian

Jumat, 04 November 2022 - 13:36:04 WIB

IMCNews.ID, Muarabulian - Sambil menikmati buah durian, Kasdim 0415 Jambi, Letkol Kav Dwi Desi Joko Wicaksono, berikan wawasan kebangkasaan ke Mahasiswa Universitas Jambi, yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Hal itu dilakukannya saat meninjau jalan TMMD 115 Kodim 0415 Jambi, di Desa Kembang Seri Baru, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Saat itu, di tengah perjalanan menuju titik 0 TMMD, mobil yang ditumpangi oleh Mahasiswa itu terpaksa terhenti, lantaran jalan TMMD itu bonyok habis duguyur hujan semalaman. Namun demikian, beruntung warga yang ikut meninjau lokasi itu membawa buah durian yang merupakan hasil perkebunannya.

Terpantau, baik Satgas TMMD 115 Kodim 0415 Jambi, Mahasiswa dan warga pun memakan buah durian itu di tengah jalan TMMD. 

Kasdim 0415 Jambi, Letkol Kav Dwi Desi Joko Wicaksono, mengatakan, pihaknya berterima kasih dengan warga sekitar, lantaran kepeduliannya membawa hasil perkebunan ke lokasi TMMD.

"Terima kasih karena buah durian ini sangat nikmat, kita dapat menikmatinya di tengah sini (Lokasi TMMD)," ucapnya, saat itu.

Sambil menikmati buah durian, orang nomor 2 di Kodim 0415 Jambi itu pun, menyempatkan untuk menghampiri Mahasiswa. Terlihat di tengah perkumpulan itu pun terdapat mahasiswa yang berasal dari Papua.

"Adik, kamu asal dari mana?," tanya Kasdim 0415 Jambi, ke mahasiwa itu.

Diketahui, mahasiswa itu yang merupakan asal Papua itu, bernama Hasdarudin Fahrizal. Ia menjawab, dirinya merupakan asal Papua Barat, Kabupaten Kaimana.

"Izin bapak TNI, saya asal Papua Barat, Kabupaten Kaimana. Dan saya fakultas FKIP di Universitas Jambi," jawabnya.

Di dalam obrolan mereka, Kasdim 0415 Jambi itu pun, bercerita ke para mahasiwa itu, bahwa dirinya pernah bertugas di Papua untuk menjaga NKRI sewaktu dulu. Ia pun juga mengatakan, orang Papua itu merupakan orang yang berjiwa besar dan kuat dalam mempertahankan kedaulatan. Sejak kecil mereka ditanamkan jiwa nasionalisme.

Selain itu juga, ia pun juga memberikan pengetahuan terkait wawasan kebangsaan, guna menanamkan jiwa nasionalisme sejak muda ke para mahasiswa. Tak luput ia juga mengimbau ke para mahasiwa yang tengah melakukan KKN itu, jika selesai mengenyam pendidikan, untuk dapat membangun Negeri Indonesia.

"Kalau kalian sudah selesai, kalian harus membangun Indonesia tercinta itu, baik dari segi pendidikan, kesehatan maupun infastruktur. Karena kalian merupakan penerus bangsa," tegas ke para mahasiswa. (*)



BERITA BERIKUTNYA