Wow.. Harga Bawang Putih Meroket, Tembus Rp100 Ribu

Wow.. Harga Bawang Putih Meroket, Tembus Rp100 Ribu
Pedagang bawang putih di Angso Duo. Saat ini, harga bawang putih hampir sama dengan harga daging. (Mario/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Berdasarkan hasil monitoring Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, terpantau harga sembako khususnya bawang putih meroket. 

Dari hasil monitoring pada Rabu (1/5/2019) kemarin, tercatat harga bawang putih impor kating mencapai Rp70.000 per kilogram. Sedangkan pada Kamis (2/5/2019), bawang putih impor kating kembali mengalami kenaikan sebesar Rp30.000 atau naik 43 Persen, dari harga Rp70.000 menjadi Rp100.000 per kilogramnya.

Kenaikan harga tersebut dibenarkan oleh Kadesperindag Provinsi Jambi Ariansyah. Dia mengutarakan untuk menstabilkan harga bawang putih di Jambi, Pemerintah Provinsi saat ini masih menunggu janji Kementrian perdagangan pusat.

"Betul, kita masih menunggu janji Kemendag pusat bahwa bawang putih impor segera hadir tetapi sampai dengan saat ini belum juga hadir," katanya. 

Untuk saat ini, Pemprov Jambi telah berupaya menekan kelonjakan harga tersebut dengan mengirimkan surat kepada Kemendagri.

"Kita sudah kirim surat ke Mendag tentang hal tersebut bahwa kebutuhan akan bawang putih di Jambi 10 ton per hari dan memprediksi bahwa akan terjadi kenaikan harga yg tidak wajar karena kelangkaan tersebut. Tetapi karena bawang putih adalah impor jadi kita sifatnya menunggu dari pusat," ungkapnya. (IMC01) 

Reporter: Mario Dwi Kurnia