Uji Swab Pasien Covid-19 Sudah Bisa Dilaksanakan di Jambi

Uji Swab Pasien Covid-19 Sudah Bisa Dilaksanakan di Jambi
Gubernur saat meninjau kesiapan labor di BPOM untuk melaksanakan uji swab mandiri. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Tes Polymerace Chain Reaction (PCR) atau uji usap (swab) pasien covid-19 secara mandiri saat ini sudah bisa dilaksanakan di Jambi. 

Gubernur Jambi, Fachrori Umar bersama Walikota Jambi, Sy Fasha, kemarin meninjau laboratorium di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pelaksanaan uji swab atau tes PCR di Jambi.  

"Harapannya ini dapat mempercepat diagnosis pasien COVID-19,” kata Gubernur, Kamis (25/6/2020). 

Uji swab ini dilaksanakan dengan bekerjasama antar instansi, di antaranya Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi, BPOM, Universitas Jambi dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jambi.

Fachrori berharap uji usap yang sudah bisa dilaksanakan secara mandiri di Jambi tersebut dapat mempercepat proses memutus mata rantai penularan COVID-19.

BACA JUGA : Petugas Kesehatan yang Gugur Karena Covid-19 Kembali Bertambah

"Jadi, mulai minggu depan kita sudah bisa melakukan uji swab mandiri di laboratorium BPOM Provinsi Jambi tanpa harus mengirimkan sampel ke pusat dan bisa lebih cepat mengetahui hasil dari uji swab tersebut tanpa menunggu hasil dari pusat. Laboratorium BPOM Provinsi Jambi sendiri juga telah mendapatkan register dari pusat sebagai laboratorium yang bisa melakukan tes untuk covid-19," sebutnya. 

Sementara itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa pada Kamis ini telah dilaksanakan uji coba tes PCR tersebut di laboratorium BPOM Jambi. 

Pada Senin mendatang sudah bisa dilaksanakan untuk melakukan tes PCR terhadap sampel pasien reaktif rapid tes COVID-19 di daerah itu.

“Dengan ini hasil uji usap yang biasanya baru dapat diketahui selama sembilan sampai sepuluh hari sudah bisa diketahui dalam satu hari,” kata Syarif Fasha.

Dijelaskan Fasha, jika hasil uji usap dapat diketahui dalam waktu yang tidak lama maka gugus tugas COVID-19 di kabupaten dan kota dapat mengambil langkah cepat untuk melakukan tindakan terhadap pasien COVID-19. 

Kepala BPOM Provinsi Jambi, Antoni Asdi mengatakan, laboratorium BPOM Provinsi Jambi telah mendapatkan register untuk melakukan uji wab mandiri dengan nomor register 160. 

"Kita juga telah melakukan uji coba SWAB kepada petugas dan struktural BPOM Provinsi Jambi sekitar 30 sampel dengan hasil negatif. Ini membuktikan bahwa kita telah melakukan uji coba yang baik dan mudah mudahan hari senin sudah bisa melakukan uji SWAB mandiri,” ungkapnya. 

“Hasil dari uji swab ini langsung bisa diketahui dalam waktu 1 hari, misal hari ini kita ambil sampel maka besok sudah keluar hasilnya. Dalam hal ini, BPOM Provinsi Jambi hanya memiliki kewenangan untuk melakukan test sesuai dengan prosedur, untuk hasilnya tetap diumumkan oleh Pemerintah Pusat kemudian baru Pemerintah Daerah yang mengumumkan,” pungkasnya. (IMC01)