Tes PCR Covid-19 Mandiri Dilaksanakan di Laboratorium BPOM Jambi, Sehari Bisa Uji 80 Sampel

Tes PCR Covid-19 Mandiri Dilaksanakan di Laboratorium BPOM Jambi, Sehari Bisa Uji 80 Sampel
Kepala BPOM Jambi Antoni Asdi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Provinsi Jambi mulai Senin (29/6/2020) telah dapat melaksanakan uji swab atau tes Polymerace Chain Reaction (PCR) COVID-19 secara mandiri. 

Tes ini akan dilaksanakan di laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi. 

“Laboratorium kita telah teregistrasi oleh BNNP. Nomor registrasinya yakni 160 dan saat ini sudah bisa untuk melakukan tes PCR,” kata Kepala BPOM Jambi, Antoni Asdi. 

Tahap uji coba pada Kamis (25/6/2020) terhadap 30 sampel berasal dari petugas laboratorium BPOM Jambil dengan hasil semua negatif COVID-19.

Dia menjelaskan, saat ini tim terpadu uji usap mandiri atau tes PCR Provinsi Jambi masih menunggu surat pengantar dari Pemerintah Provinsi Jambi. Jika seluruh persiapan telah selesai, pada Senin mendatang uji usap mandiri atau tes PCR di Jambi dapat dilaksanakan.

Oleh karena masih tahap awal, katanya, sampel yang dapat diuji pada laboratorium BPOM masih terbatas. Di mana akan dilakukan dua tahap tes PCR COVID-19. Dalam satu tahap tes PCR, hanya bisa menguji 60 sampai 80 sampel.

BACA JUGA : Uji Swab Pasien Covid-19 Sudah Bisa Dilaksanakan di Jambi

“Selain itu, tenaga volunter atau petugas pengujian kita masih terbatas, saat ini baru terdapat 14 orang volunter,” katanya. 

Dalam proses tes PCR COVID-19 tersebut, BPOM bersama tim terpadu hanya melakukan uji sampel. Hasilnya akan dikoneksikan kepada BNNP dan pengumuman hasil tes PCR tersebut akan dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Kita hanya lakukan uji sampel, pengumumannya dilakukan oleh gugus tugas,” kata dia.

Ia berharap, tim terpadu yang terdiri atas FKIK Unja dan Labkesda bisa bersinergi dalam melakukan uji sampel COVID-19 sehingga proses pelaksanaan tes PCR berjalan dengan baik. (IMC01)