Surat Edaran Pjs Gubernur Jambi Bagi ASN Selama Libur Panjang

Surat Edaran Pjs Gubernur Jambi Bagi ASN Selama Libur Panjang
Surat edaran yang ditujukan untuk ASN. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pjs Gubernur Jambi, Restuardy Daud mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada ASN khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Dalam surat edaran nomor 2546 1SE/SETDA. ORG-1.1/X2020 tertanggal 23 Oktober itu, Pjs Gubernur memberikan beberapa peringatan kepada ASN. 

Surat edaran ini berkaitan dengan antisipasi penyebaran covid-19 pada libur dan cuti bersama 2020 mulai hari ini, Rabu (28/10/2020) hingga Senin (1/11/2020) mendatang. 

Dalam surat edaran itu, Pjs Gubernur meminta ASN selama melaksanakan libur dan cuti bersama agar sedapat mungkin menghindari melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga, serta melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing.

Kemudian, dalam pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dihimbau agar dilaksanakan di lingkungan masing-masing dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Utamanya menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak serta tidak berkerumun untuk menghindari penularan covid-19.

Jika ASN melakukan perjalanan keluar daerah, agar dilakukan rapit test untuk memastikan pegawai ASN dan keluarganya bebas dari covid-19 demi melindungi orang lain termasuk keluarga di perjalanan ataupun orang di tempat yang dikunjungi. 

"Bagi yang dinyatakan positif agar tidak melaksanakan perjalanan dan melakukan karantina mandiri untuk mencegah penularan," imbuhnya dalam edaran tersebut.

BACA JUGA : 7 Penambahan Pasien Positif Covid-19 Jambi, Satunya Nakes di Sungai Penuh

Kemudian, setelah kembali dari perjalanan luar daerah, kembali melakukan rapid test untuk memastikan bahwa pegawai ASN dan keluarganya tetap dalam keadaan negatif covid-19. Namun jika positif, agar segera melaksanakan isolasi mandiri.

Setiap Perangkat Daerah diminta memperkuat sistem pengawasan untuk mencegah penyebaran covid-19 di unit kerjanya dengan membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Penanganan covid-19.

"Memastikan pelaksanaan panduan pencegahan dan pengendalian covid-19 di perangkat daerah saudara sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. Memastikan lingkungan kerja yang aman covid-19 dan produktif melalui berbagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 di tempat kerja," bunyi surat edaran itu. 

BACA JUGA : 21 Orang Pasien Covid-19 Jambi Kembali Sembuh

Caranya, dengan menyusun SOP penanganan cOVID-19 di Perangkat Daerah, menyusun tata tertib pelaksanaan protokol kesehatan, menyediakan sarana dan prasarana kebersihan dan kesehatan, memantau kesehatan Pegawai ASN dan keluarganya secara proaktif dan reguler, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan
kantor. Lalu melakukan edukasi dan penegakan kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol
kesehatan di lingkungan kantor. Menyampaikan informasi terkini terkait perkembangan CoVID-19 di lingkungan kantor.

Selanjutnya, memantau dan mengikuti kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Berkoordinasi dengan Rumah Sakit, Dinas Kesehatan, dan Satuan Tugas Penanganan covid-19 Provinsi Jambi dalam upaya pencegahan penularan covid-19.

Kemudian, menyediakan media komunikasi efektif 24 jam untuk mempercepat penanganan kasus pegawai ASN dan keluarga yang terkonfirmasi positif covid-19, suspek, dan memiliki riwayat kontak erat.

"Dalam hal ditemukan dan/atau mendapat informasi adanya Pegawai ASN yang terkonfirmasi positif covid-19, segera melaporkan kepada Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Menyampaikan intormasi kasus terkonfirmasi positf covid-19 kepada seluruh pegawai ASN secara terbuka untuk memaksimalkan penelusuran riwayat kontak erat," demikian isi surat tersebut. 

Selanjutnya, melakukan penelusuran riwayat kontak erat Pegawai ASN yang terkonfimasi positif. Memastikan pemeriksaan COVID-19 terhadap Pegawai ASN yang memiliki riwayat kontak erat dengan Pegawai ASN yang terkonfirmasi positif. Melakukan disinfeksi lingkungan kantor sesuai dengan pedoman disinfeksi yang ditetapkan.

Dengan berpedoman kepada protokol kesehatan, kebijakan Pemerintah Daerah, dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi, Satuan Tugas (SATGAS) Penanganan covid-19, perangkat daerah memberikan rekomendasi atas pelaksanaan kegiatan operasional kantor untuk memutus mata rantai penularan covid-19 di perangkat daerah, penengakan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan perangkat daerah Saudara.

Selanjutnya, Satuan Tugas (SATGAS) Penanganan covid-19 di Perangkat Daerah masing-masing melaporkan secara berkala pelaksanaan tugas dan fungsinya kepada Saudara dengan tembusan disampaikan kepada Gubernur Jambi. (IMC01)