Jambi Terkini

Sesuai Edaran Mendikbud, UNBK di Jambi Juga Ditiadakan Dampak Covid-19

Maret 27, 2020 06:55
Ilustrasi UNBK. (ist)
Ilustrasi UNBK. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Dampak dari menyebarnya virus Corona (Covid-19) mempengaruhi banyak sektor. Termasuk salah satunya dunia pendidikan.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, akhirnya pemerintah pusat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK).

BACA JUGA : Cegah Penyebaran Corona, Sidang Pidana di Jambi Bakal Dilakukan Secara Online

"Berdasarkan edaran dari Mendikbud sudah ditindaklanjuti dan diinformasikan kepada Kepsek SMA/SMK. Pihak sekolah juga akan menyosialisasikan keada orang tua murid bahwa UNBK ditiadakan," kata Johansyah, Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi Jambi.

Sebelumnya, pemerintah resmi meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMP/MTS dan SMA/MAN dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan siswa pada saat merebaknya pandemi virus Covid-19.

Keputusan itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Nadiem mengatakan peniadaan UN tersebut dikarenakan banyak pertimbangan seperti keamanan dan keselamatan siswa dan keluarganya.

"UN bertujuan untuk melakukan pemetaan dari sisi pendidikan, namun karena situasi darurat dan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan peserta didik pada saat pandemi Covid-19, maka UN SMP dan SMA ditiadakan. Meskipun untuk siswa SMK sudah mengikuti UN yang diselenggarakan dua minggu lalu," kata Nadiem dikutip dari Antara. (IMC01)