Jambi Terkini

Satgas Pangan Temukan Daging Beku Dijual Tak Semestinya

Desember 28, 2019 05:46
Tim satgas pangan saat meninjau salah satu kios penjual daging beku tak semestinya. (ist)
Tim satgas pangan saat meninjau salah satu kios penjual daging beku tak semestinya. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Jelang pergantian tahun baru 2020, tim satgas Pangan Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga sembako di Pasar Angso Duo, Sabtu (28/12/2019).

Dalam sidak tersebut ditemukan sejumlah daging beku yang dijual tak semestinya. Yakni dengan cara digantung. Padahal daging beku seharusnya berada di dalam Freezer.

Menanggapi hal ini, tim satgas pangan memberikan himbauan dan peringatan kepada pedagang yang menjual daging beku tersebut agar tak lagi digantung.

Dengan demikian diharapkan para pedagang dapat mengikuti ketentuan penjualan daging beku. Sehingga tetap higienienis dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

"Daging beku harus dimasukkan ke dalam freezer, karena kalau digantung daging tersebut hanya bisa bertahan beberapa jam dan bisa menimbulkan bakteri pada daging beku," kata Plh Sekda Provinsi Jambi, Sudirman.

Sementara itu, Direskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Edy Faryadi mengatakan untuk saat ini belum ada tindakan hukum terkait pedagang yang menjual daging beku tak sesuai ketentuan.

"Jika pun ada itu adalah langkah terakhir, kita lebih mementingkan prefentif terlebih dahulu kita akan memberikan sosialisasi dahulu langkah ini akan dikedepankan oleh tim satgas pangan," katanya.

Diketahui, untuk saat ini harga daging beku mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 90 ribu. Sementara itu untuk daging segar sendiri memiliki harga Rp 120 ribu dan masih relatif stabil. (IMC01) 

Kontributor: Indriani Astuti