11 Oktober 2018, 15:17:05 WIB

Provinsi Jambi Raih 9 Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

Provinsi Jambi Raih 9 Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda
Plt Gubernur menerima sertifikat warisan budaya tak benda. (ist)

 

IMCNews.ID, Jakarta - Provinsi Jambi meraih pengakuan terhadap 9 warisan budaya tak benda melalui Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Sertifikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diberikan oleh Dirjen Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Najamudin Ramli dan diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum dalam Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2018, bertempat di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu (10/10/2018) malam.

 

Berikut 9 buda budaya yang telah ditetapkan dan diakui menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dari Provinsi Jambi:

 

1. Kenduri Sko dari Kota Sungai Penuh,

2. Tari Rangguk Kumun dari Sungai Penuh,

3. Tari Iyo-iyo dari Sungai Penuh,

4. Lapaik Koto Dian Rawang dari Sungai Penuh,

5. Ntok Awo dari Sungai Penuh,

6. Tauh Lempur dari Kabupaten Kerinci,

7. Ngangoah Imo Pulau Tengah dari Kabupaten Kerinci,

8. Ompek Gonjie Limo Gonop (sastra lisan) dari Kabupaten Merangin,

9. Perkampungan Rumah Tuo Rantau Panjang dari Merangin.

 

 

Sebelum ditetapkan dan diakui sebagai warisan budaya tak benda Indonesia, karya budaya tersebut terlebih dahulu melalui tahapan administrasi, proses pendataan, dokumen, kajian akademis, verifikasi dari tim ahli, dan persidangan dihadapan 17 orang Tim Ahli Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, yang terdiri dari para pakar dan profesor kebudayaan.

 

Tidak hanya diakui dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda Indobesia, salah satu karya budaya dari Provinsi Jambi yaitu Tari Rangguk Kumun dari Sungai Penuh juga ditampilkan dalam acara tersebut.

 

Bahkan, Tari Rangguk Kumun ini menyita perhatian karena ditarikan oleh 4 generasi. Ddimana salah seorang personilnya yang paling tua wanita umur 84 tahun. Dalam memeragakan tari tersebut, nenek berusia lanjut tersebut duduk di atas kursi roda.

 

Usai ditampilkan, Tari Rangguk Kumun dari Provinsi Jambi mendapat tepuk tangan meriah dari orang yang hadir dalam acara tersebut. Usai menerima Sertifikat Warisan Budaya Tak benda Indonesia, Plt.Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar menyatakan bahwa kekayaan budaya Indonesia luar biasa, sangat banyak dan beragam, termasuk di dalamnya kekayaan budaya Provinsi Jambi, dan hal tersebut harus disyukuri.

 

Fachrori berharap sekaligus menekankan agar budaya Provinsi Jambi harus terus dilestarikan. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah pengenalan budaya Jambi kepada elemen-elemen masyarakat, terutama kepada siswa mengetahui dan mengenal budaya Provinsi Jambi, sejak usia dini.

 

Fachrori mengemukakan bahwa pelestarian budaya melalui pengenalan budaya harus dilakukan secara berkelanjutan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi mengatakan, ke depan akan ditingkatkan lagi pendataan budaya dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi  untuk diajukan mendapat pengakuan dan sertifikat nasional dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

 

Ujang menambahkan, dengan adanya sertifikat, lebih mudah mengenalkan dan mensosialisasikan budaya kepada masyarakat. Selain itu, ada bantuan pembinaan budaya.

 

“Kita harapkan sinergi Pemerintah Provinsi jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota semakin meningkat, dalam rangka pelestarian budaya dan pengajuan budaya untuk mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” terang Ujang.

 

Sebelumnya, Dirjen Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Najamudin Ramli menjelaskan bahwa penetapan warisan budaya tak benda merupakan kerjasama dari para ahli, para Disbudpar seluruh Indonesia, Balai Pelestarian Nilai Budaya dan Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI.

 

Untuk tahun 2018 ini, lanjut Najamudin Ramli, 416 karya budaya se Indonesia yang diusulkan untuk mendapat sertifikat, yang telah melalui tahapan, setelah itu dalam tahapan selanjutnya, 264 karya budaya lolos seleksi dan diverifikasi di lapangan, dan akhirnya 225 karya budaya warisan budaya tak benda Indonesia tahun 2018 ditetapkan dan memperoleh sertifikat.

 

Najamudin Ramli menyatakan, sekarang ada 819 karya budaya dari seluruh daerah di Indonesia yang telah memperoleh Sertifikat Budaya Tak Benda Indonesia, setelah 6 tahun dilakukan sertifikasi.

 

Dia mengungkapkan, tahun 2018, pantun akan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Internasional (dunia), yang akan ditetapkan di Afrika Timur, untuk tahun 2019 diusulkan pencak silat, dan untuk tahun 2021 diusulkan gamelan, sementara untuk tahun 2020 sedang diproses.

 

Pada kesempatan tersebut, diberikan penghargaan khusus kepada 2 provinsi yang paling banyak memperoleh Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2018, Provinsi DI Yogyakarta dan Sulawesi Selatan.

 

Syair Siak Sri Indrapura (wejangan hikmat), Provinsi Riau, Macapatan  (tari diiringi musik tradisional) dari Yogyakarta, dan Basurek dari Sulawesi Selatan, turut memeriahkan acara tersebut. (adv)


Komentar

Berita Terkini

Indeks
28 menit yang lalu

Ini Dia Calon Komisoner KPU Empat Daerah Lolos Tes Psikologi

IMCNews.ID, Jambi - Timsel calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kerinci, Merangin, Kota Jambi dan Sungai Penuh telah menggelar pleno tes...
2 jam yang lalu

Hindari Bicara Politik Praktis di lembaga Pendidikan

IMCNews.ID, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan sebaiknya tokoh politik menghindari pembicaraan politik praktis di lembaga...
2 jam yang lalu

KPK Sita Tiga Mobil Suap Meikarta

IMCNews.ID, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tiga mobil yang diduga digunakan dalam kasus suap pengurusan perizinan proyek...
2 jam yang lalu

Luhut: Meikarta Tidak Pernah Keluhkan masalah Izin

IMCNews.ID, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku bahwa pihaknya tidak pernah mendengar keluhan izin dari...
2 jam yang lalu

Banyak Leluhan Pesan lama Whatsapp Hilang dengan Sendirinya

IMCNews.ID, Jakarta - Banyak laporan dari pengguna WhatsApp muncul belakangan ini yang mengeluhkan bahwa pesan lama mereka terhapus atau menghilang...
15 Oktober 2016 - 19:02:00 WIB Dibaca: 76515 kali

Kompleks WTC Batanghari Ambruk

07 April 2017 - 18:15:28 WIB Dibaca: 66385 kali

VIRAL!! Ini Dia Video Bentrok Sales Oppo & Vivo

03 Juni 2017 - 20:50:27 WIB Dibaca: 63411 kali

181 ASN Lulus Adm Lelang Jabatan Pemprov Jambi, Ini Dia Nama-namanya

02 Januari 2018 - 12:12:55 WIB Dibaca: 59195 kali

Ternyata Ini Penyebab Utuhnya Jasad Ismiati Setelah Dikubur 13 Tahun

11 Agustus 2016 - 22:10:30 WIB Dibaca: 41245 kali

Breaking News: Ketua DPRD Sarolangun Ditangkap Nyabu

26 Agustus 2016 - 21:56:00 WIB Dibaca: 37750 kali

Rektor Marah Dan Bubarkan Perpeloncoan di Opspek

24 Mei 2016 - 20:15:09 WIB Dibaca: 36153 kali

Ini Dia, Pahlawan Lalu Lintas Kota Jambi

01 Agustus 2016 - 13:02:11 WIB Dibaca: 35865 kali

Alamak: Usai Nyabu, Ketua PAN Batanghari Ditangkap BNN

26 Juli 2017 - 16:07:38 WIB Dibaca: 35107 kali

Cantiknya Ibu Bhayangkari Selingkuhannya Oknum Perwira Polres di Jambi

16 Oktober 2018 - 20:38:29 WIB

KPK Sita Tiga Mobil Suap Meikarta