11 September 2018, 16:26:48 WIB

OPINI: Gadgetku Guruku: Repositioning Peran Guru

OPINI: Gadgetku Guruku: Repositioning Peran Guru
Bahren Nurdin. (ist)

*Oleh: Bahren Nurdin

Adalah dua anak muda kreatif bernama Iman Usman dan Adamas Belva Devara yang saat ini berhasil masuk ke dalam daftar Majalah Forbes Asia sebagai anak muda yang berusia di bawah 30 tahun namun berhasil membuat perubahan menggunakan teknologi.

Mereka berdua adalah pendiri teknologi belajar melalui program (aplikasi) Ruang Guru. Ruang Guru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran (ruangguru.com).

Akhir-akhir ini keberadaannya semakin diterima di tengah masyrakat terutama kalangan siswa. Aplikasi belajar yang disediakan telah banyak mempengaruhi pola belajar siswa. Kehidupan siswa yang sangat intim dengan gadget (smart phone) telah dimanfaatkan oleh perusahaan ini untuk menjual produk bahan ajarnya melalui aplikasi.

Intinya, siswa senang belajar karena untuk belajar mereka tidak perlu terpisah lagi dengan benda kesayangan mereka yaitu gadget. Sudah sama-sama dipahami bahwa zaman melinial asaat ini, anak muda paling takut dipisahkah dari gadget.

Apa pun aktivitas yang dilakukan harus bersama benda 'ajaib' tersebut. Dengan aplikasi dan konten yang disediakan, peran guru benar-benar diambil alih. Semua kebutuhan siswa dipenuhi. Ruangguru menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain. Intinya, gadgetku guruku.

Main gadget sambil belajar, di mana saja, kapan saja, dalam kondisi apa saja. Menyenangkan dan mudah dipahami karena berbasis teknologi.

Peran Guru Tergantikan

Tentu, ruangguru.com bukan satu-satunya penyedia layanan belajar berbasis teknologi baik yang berbayar maupun yang gratis. Ada begitu banyak penyedia lainnya. Belum lagi video-video gratis yang tersedia di youtube.com. Banyak sekali materi ajar atau tutorial-tutorial yang disedikan.

Anak muda saat ini benar-benar dimanjakan oleh teknologi. Itu artinya, peran guru di kelas mulai tergeser. Para siswa tidak perlu lagi mendengarkan guru di depan kelas karena apa yang dijelaskan guru sudah dijelaskan oleh teknologi.

Bisa jadi, penjelasan yang tesedia jauh lebih mudah dipahami ketimbang yang dipaparkan guru di dalam kelas menggunakan buku cetak. Jika begitu peran guru sudah tergantikan. Ya. Tidak bisa dinafikan, cepat atau lambat peran guru dalam hal mengajar akan tergantikan oleh kemajuan teknologi dan komunikasi!

Repositioning Peran Guru 

Jika peran guru sebagai pengajar telah digantikan oleh kemajuan teknologi dan informasi, maka apakah kita tidak perlu guru lagi? Tidak juga begitu. Keberadaan guru tetap dibutuhkan. Namun, peran ddan fungsinya harus di tata ulang (repositioning).

Posisi dan keberadaan guru harus digeser dari ‘PENGAJAR’ menjadi ‘PENDIDIK’. Hal ini sangat perlu dipahami oleh para guru saat ini. Mengajar itu ‘transfer of knowledge’ alias membagi ilmu pengetahuan (kognitif). Peran inilah yang saat ini telah ‘diambil alih’ oleh teknologi dan aplikasi komunikasi.

Lebih canggih dan disukai siswa. Sementara mendidik tidak hanya sekeder memberikan ilmu pengetahuan, tapi lebih dari itu ia merupakan upaya pembinaan pribadi, sikap mental dan akhlak peserta didik yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi.

Jack Ma (owner Alibaba) pernah mengatakan, “the machines will never be able to win man, this my belief. Because machines only have the chips, humans have the herth” (mesin mengandalkan chip sementara manusia memiliki hati). Pada konteks ini, guru yang selama ini memposisikan dirinya sebagai ‘mesin’ pengajar akan segeri tersingkirkan oleh mesin aplikasi yang tersedia di smartphone.

Mereka akan tergeser dan ‘terbuang’. Tapi bagi guru-guru yang mengajar dengan hati, tidak perlu khawatir karena posisi hati tidak akan tergantikan. (bersambung)

Penulis adalah Akademisi UIN STS Jambi dan Pengamat Pendidikan Jambi


Komentar

Berita Terkini

Indeks
10 jam yang lalu

Relawan Berharap Baiq Nuril Dapat Amnesti

IMCNews.ID, Jakarta - Jaringan relawan kebebasan berekspresi online SAFEnet menolak putusan kasasi Mahkamah Agung yang menyatakan Baiq Nuril Maknun...
10 jam yang lalu

Anggota DPR RI Diduga Manfaatkan Reses Untuk Kampanye, Begini Kata Bawaslu

IMCNews.ID, Jambi - Kegiatan reses sejumlah anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi  diduga dimanfaatkan juga...
11 jam yang lalu

Sekjen PDIP Semangati Kader Menangi Jokowi-Ma’ruf

IMCNews.ID, Lamongan - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi semangat kader partainya di Lamongan, Jawa Timur untuk merebut...
11 jam yang lalu

Demokrat Klaim Punya Cara Khusus Kampanyekan Prabowo-Sandi

IMCNews.ID, Jakarta - Partai Demokrat mengklaim memiliki cara khusus dan berbeda dengan partai koalisi lainnya dalam mengkampanyekan Prabowo Subianto...
11 jam yang lalu

Besok PAW Supriyono dan Hasan Ibrahim Dilantik, Pengganti Rahimah?

IMCNews.ID, Jambi - Pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Provinsi Jambi, yakni Supriono yang tersandung kasus suap pengesahan RAPBD...
15 Oktober 2016 - 19:02:00 WIB Dibaca: 76706 kali

Kompleks WTC Batanghari Ambruk

07 April 2017 - 18:15:28 WIB Dibaca: 66515 kali

VIRAL!! Ini Dia Video Bentrok Sales Oppo & Vivo

03 Juni 2017 - 20:50:27 WIB Dibaca: 63562 kali

181 ASN Lulus Adm Lelang Jabatan Pemprov Jambi, Ini Dia Nama-namanya

02 Januari 2018 - 12:12:55 WIB Dibaca: 59345 kali

Ternyata Ini Penyebab Utuhnya Jasad Ismiati Setelah Dikubur 13 Tahun

11 Agustus 2016 - 22:10:30 WIB Dibaca: 41356 kali

Breaking News: Ketua DPRD Sarolangun Ditangkap Nyabu

26 Agustus 2016 - 21:56:00 WIB Dibaca: 37844 kali

Rektor Marah Dan Bubarkan Perpeloncoan di Opspek

24 Mei 2016 - 20:15:09 WIB Dibaca: 36260 kali

Ini Dia, Pahlawan Lalu Lintas Kota Jambi

01 Agustus 2016 - 13:02:11 WIB Dibaca: 35985 kali

Alamak: Usai Nyabu, Ketua PAN Batanghari Ditangkap BNN

26 Juli 2017 - 16:07:38 WIB Dibaca: 35383 kali

Cantiknya Ibu Bhayangkari Selingkuhannya Oknum Perwira Polres di Jambi

18 November 2018 - 23:13:58 WIB

Relawan Berharap Baiq Nuril Dapat Amnesti

18 November 2018 - 22:47:06 WIB

Sekjen PDIP Semangati Kader Menangi Jokowi-Ma’ruf

18 November 2018 - 18:31:26 WIB

Wapres JK akan Buka Rakornas KAHMI di Jambi

18 November 2018 - 12:33:20 WIB

Sekda : Budayakan Hidup Sehat Bermula dari Keluarga

18 November 2018 - 12:08:11 WIB

Pengelola Angso Duo Batasi PKL

18 November 2018 - 11:57:15 WIB

KPK OTT Bupati Pakpak Bharat Terkait Suap Proyek