08 Oktober 2018, 08:39:50 WIB

Erdogan Katakan Mengikuti Perkara Ketakmunculan Wartawan Saudi

Erdogan Katakan Mengikuti Perkara Ketakmunculan Wartawan Saudi
Recep Tayyip Erdogan. (ist)

IMCNews.ID, Ankara - Presiden Tayyp Erdogan mengatakan pada Ahad ia mengikuti secara seksama perkara hilangnya wartawan Saudi Jamal Khashoggi setelah para pejabat Turki mengatakan mereka meyakini wartawan itu dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul.

Erdogan mengatakan kepada para wartawan bahwa pihak berwenang sedang memeriksa gambar-gambar di bandar udara dan rekaman kamera sebagai bagian dari investigasi mereka atas ketakmunculan Khashoggi pekan lalu. Khashoggi bersikap kritis terhadap penguasa Arab Saudi.

Khashoggi, mantan editor surat kabar di Arab Saudi dan penasihat bekas kepala intelijen kerajaan itu, meninggalkan negaranya tahun lalu. Ketika itu, ia menyatakan takut menerima pembalasan atas sikap kritisnya terhadap kebijakan Saudi dalam Perang Yaman dan penumpasan para pembangkang.

Pada Selasa, ia masuk ke konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus berkas bagi pernikahannya mendatang. Para pejabat Saudi mengatakan ia pergi setelah itu tetapi tunangannya, yang menunggu di luar, mengatakan Kashoggi tak pernah keluar dari kantor perwakilan tersebut.

Dua sumber Turki mengatakan kepada Reuters, pihak berwenang Turki meyakini Khashoggi sengaja dibunuh di dalam konsulat itu. Dugaan sama disuarakan oleh salah satu penasehat Erdogan, Yasin Aktay, yang juga teman wartawan Saudi tersebut.

"Perasaan saya dia telah dibunuh...di konsulat itu," kata Aktay.

Erdogan mengatakan secara pribadi dia mengikuti isu tersebut, tanpa mengatakan apa yang ia yakini telah terjadi atas Khashoggi.

"Orang masuk dan keluar kedutaan itu, semua rekaman kamera mengenai transit di bandara dilihat dan diikuti. Kami ingin memperoleh hasilnya dengan cepat," kata dia, dengan menambahkan tanpa penjelasan: "Harapan saya masih positif." Satu sumber Saudi di konsulat itu membantah bahwa Khashoggi telah dibunuh di kantor misi tersebut dan mengatakan dalam pernyataan bahwa tuduhan-tuduhan itu tak berdasar. Konsulat juga membantah bahwa Khashoggi diculik.

Amerika Serikat sedang berusaha mencari informasi, ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri. "Kami tidak dalam posisi membenarkan laporan-laporan ini, tetapi kami mengikutinya dengan seksama," kata pejabat tersebut.

Tunangan Khashoggi tak dapat segera dihubungi tetapi ia mengatakan dalam satu cuitan bahwa belum ada konfirmasi resmi tentang pernyataan-pernyataan sumber-sumber Turki itu. "Jamal tidak dibunuh dan saya tidak yakin dia dibunuh," kata Hatice Cengiz di Twitter.

Satu lagi sumber keamanan Turki mengatakan kepada Reuters bahwa sekelompok 15 warga Saudi, termasuk beberapa pejabat, telah tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan masuk ke konsulat tersebut pada hari yang sama Khashoggi berada di sana, dan kemudian meninggalkan negara itu.

Sumber itu mengatakan para pejabat Turki berusaha mengidentifikasi mereka. Kantor berita Turki, Anadolu juga melaporkan bahwa kelompok warga Saudi itu berada relatif singkat di konsulat itu. (IMC03)


Berita Terkait

Tag Terkait

Komentar

Berita Terkini

Indeks
2 jam yang lalu

Ini Dia Calon Komisoner KPU Empat Daerah Lolos Tes Psikologi

IMCNews.ID, Jambi - Timsel calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kerinci, Merangin, Kota Jambi dan Sungai Penuh telah menggelar pleno tes...
3 jam yang lalu

Hindari Bicara Politik Praktis di lembaga Pendidikan

IMCNews.ID, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengatakan sebaiknya tokoh politik menghindari pembicaraan politik praktis di lembaga...
3 jam yang lalu

KPK Sita Tiga Mobil Suap Meikarta

IMCNews.ID, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tiga mobil yang diduga digunakan dalam kasus suap pengurusan perizinan proyek...
3 jam yang lalu

Luhut: Meikarta Tidak Pernah Keluhkan masalah Izin

IMCNews.ID, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku bahwa pihaknya tidak pernah mendengar keluhan izin dari...
4 jam yang lalu

Banyak Leluhan Pesan lama Whatsapp Hilang dengan Sendirinya

IMCNews.ID, Jakarta - Banyak laporan dari pengguna WhatsApp muncul belakangan ini yang mengeluhkan bahwa pesan lama mereka terhapus atau menghilang...
15 Oktober 2016 - 19:02:00 WIB Dibaca: 76515 kali

Kompleks WTC Batanghari Ambruk

07 April 2017 - 18:15:28 WIB Dibaca: 66385 kali

VIRAL!! Ini Dia Video Bentrok Sales Oppo & Vivo

03 Juni 2017 - 20:50:27 WIB Dibaca: 63411 kali

181 ASN Lulus Adm Lelang Jabatan Pemprov Jambi, Ini Dia Nama-namanya

02 Januari 2018 - 12:12:55 WIB Dibaca: 59196 kali

Ternyata Ini Penyebab Utuhnya Jasad Ismiati Setelah Dikubur 13 Tahun

11 Agustus 2016 - 22:10:30 WIB Dibaca: 41245 kali

Breaking News: Ketua DPRD Sarolangun Ditangkap Nyabu

26 Agustus 2016 - 21:56:00 WIB Dibaca: 37750 kali

Rektor Marah Dan Bubarkan Perpeloncoan di Opspek

24 Mei 2016 - 20:15:09 WIB Dibaca: 36153 kali

Ini Dia, Pahlawan Lalu Lintas Kota Jambi

01 Agustus 2016 - 13:02:11 WIB Dibaca: 35865 kali

Alamak: Usai Nyabu, Ketua PAN Batanghari Ditangkap BNN

26 Juli 2017 - 16:07:38 WIB Dibaca: 35107 kali

Cantiknya Ibu Bhayangkari Selingkuhannya Oknum Perwira Polres di Jambi

16 Oktober 2018 - 20:38:29 WIB

KPK Sita Tiga Mobil Suap Meikarta