Arus Mudik Lebaran, Jumlah Pemudik di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal Melonjak Tajam

Minggu, 07 April 2024 - 10:51:03 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Memasuki H-4 lebaran, jumlah pemudik di Pelabuhan Roro Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melonjak tajam. Terjadi peningkatan penumpang sampai 70 persen dibanding hari biasa.

Koordinator Pelabuhan Roro Kualatungkal Abdi Iskandar Muda Siregar, mengatakan peningkatan jumlah penumpang yang ke luar dan masuk pelabuhan Roro terjadi sejak hingga Rabu (3/4/2024). Angkanya sudah menembus 600 orang.

Lonjakan penumpang terjadi saat kedatangan pemudik dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sebaliknya, penumpang yang ke luar dari Kualatungkal tujuan Batam dan Dabo belum mengalami lonjakan berarti.

Ia menjelaskan, Pelabuhan Roro Kualatungkal, Jambi, yang merupakan salah satu pintu masuk dari luar daerah ke Jambi melalui jalur laut. "Diperkirakan pada H+3 Lebaran menjadi puncak arus balik ke Batam dan Dabo," katanya.

Perjalanan dari Batam dengan tujuan Tungkal melalui pelabuhan Roro Kualatungkal dari Pelabuhan Punggur ditempuh sekitar 16 jam. Di pelabuhan Roro, Kualatungkal telah bersiaga tiga armada kapal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama mudik Lebaran 2024.

Jadwal keberangkatan dari Kualatungkal menuju Batam saat ini terkendala pasang surut air sehingga perjalanan kapal tergantung dengan kondisi muka air laut. Adapun, jadwal reguler keberangkatan kapal dari Kuala Tungkal ke Batam pada pukul 15.00 WIB.

Sementara itu perwakilan ASDP setempat, Sunam, mengatakan hingga H-4 Lebaran terbilang tidak ada kendala berarti.

ASDP pada tahun ini tidak melakukan kenaikan harga tiket kapal atau sama seperti hari biasanya yakni Rp180.000 dari Batam menuju Kualatungkal. (*)



BERITA BERIKUTNYA