TPP Belum Cair, ASN Pemkot Jambi Mengeluh

Rabu, 15 Maret 2023 - 14:22:34 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mengeluhkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sejak Januari 2023 yang belum cair.

“Belum cair, ini kami masih nunggu,” kata seorang ASN di lingkungan Pemkot Jambi yang enggan disebutkan namanya, (14/3/2023). 

ASN yang lain mengakui hal sama. Selain gaji, kata dia, TPP juga menjadi hak ASN.

“Apalagi sebentar lagi puasa. Itu tentu kita butuh lah. Belum tahu kapan cairnya, lamo nian,” sebutnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jambi, M Husni mengakui keterlambatan pembayaran TPP ASN.

Namun tim 9 yang digawangi Sekda Kota Jambi, A Ridwan, kata dia, sudah melengkapi segala persyaratannya.

“Alhamdulillah, termasuk Peraturan Wali Kota (Perwal) Jambi. Di mana salah satu pasalnya minta diturunkan seperti mekanisme pencairan, mekaninsme pemotongan dan lainnya,” jelasnya.

Beberapa waktu lalu pihaknya juga telah rapat bersama instansi terkait, seperti BKPSDMD, Bagian Hukum dan Inspektorat.

Kemarin juga diakuinya, Bagian Organisasi sedang melakukan rapat pemantapan terkait pemotongan tersebut.

“Memang terkait pemotongan-pemotongan ini berkaitan atau ada keterlibatan dengan BKPSDMD. Misalnya, terkait dengan cuti dan lainnya,” terangnya.

Dijelaskan M Husni, pencairan TPP ini pun belum bisa dipastikan waktunya kapan. Pihaknya masih berkoordinasi dengan instansi terkait, Bagian Organisasi tengah mengajukan ke Kementerian.

“Insya Allah, jika Kementerian tidak banyak hal, bisa-bisa akhir Maret lah cair,” terangnya.

Ditambahkannya, nilai pencairan TPP perbulannya berkisar Rp9 miliar. Pihaknya pertahun menganggarkan sebesar lebih dari Rp120 miliar.

“Ini karena ada beberapa persyaratan. Jika persyaratan cukup sampai Kemendagri maka bisa secepatnya cair, tanpa perlu persyaratan ke Kemenkeu lagi,” tutupnya. (*)



BERITA BERIKUTNYA