Tarif Air Perumda Tirta Mayang Kota Jambi Bakal Naik

Selasa, 24 Januari 2023 - 09:43:03 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Perumda Tirta Mayang Kota Jambi mengusulkan kenaikan tarif air Rp400. Rencana kenaikan tarif ini diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun.

Menurutnya, rencana kenaikan tarif ini diketahui setelah rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perumda Air Minum Tirta Mayang, Kota Jambi, pada Rabu lalu (18/1/2022).

“Saat RDP, Perumda Tirta Mayang konsultasi tentang penyesuaian tarif,” kata Junedi.

Dijelaskannya, penyesuaian tarif ini, Perumda Air Minim Tirta Mayang mengacu pada SK gubernur terkait tarif dasar air PDAM di Provinsi Jambi.

“Ada SK gubernur terkait penyesuaian tarif PDAM di Provinsi Jambi, yakni tarif dasarnya Rp 4.400 per kubik dan tertingginya Rp 6.900 per kubik. Itu SK nya sudah lama,” sebutnya.

Saat ini, sebut Junedi, tarif air di Perumda Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi Rp 4.000 per kubik. Makanya pihak Perumda berkonsultasi ke Komisi II DPRD Kota Jambi dan menyampaikan rencana penyesuain tarif.

“Kita melihat juga dengan kondisi biaya produksi mereka saat ini, terkait kenaikan harga bahan kimia juga. Biaya produksi makin tinggi. Dengan penyesuaian tarif Perumda Tirta Mayang akan menaikan tarif Rp 400. Secara aturan, itu masih diambang paling rendah,” ungkapnya.

Jika tarif tidak disesuaikan, sepertinya Perumda Air Minum Tirta Mayang mengalami kesulitan untuk meningkatkan pelayanan dan menambah jaringan lagi.

“Mengingat pertumbuhan penduduk di Kota Jambi juga yang terus bertambah,” sebutnya.

Junedi mengatakan, dibanding dengan daerah lain di luar Provinsi Jambi, memang tarif Perumda Air Minum Tirta Mayang termasuk masih rendah.

“Kalau biaya produksi meningkat dan tarif tidak disesuaikan, sepertinya Perumda ini tidak bisa berkembang. Jalan ditempat,” ungkapnya.

Mengenai akan ada gejolak di masyarakat terkait naiknya tarif air ini, seperti berkaca pada kenaikan tarif air sebelumnya, Junedi meminta Perumda Air Minum Tirta Mayang meningkatkan sosialisasi.

“Sosialisasinya ditingkatkan, pelayanannya ditingkatkan,” katanya. (*)



BERITA BERIKUTNYA