Penyelundupan Sabu Lewat Saluran Air ke Lapas Tungkal Digagalkan

Sabtu, 14 Januari 2023 - 08:52:35 WIB

Batang bukti yang diamankan.
Batang bukti yang diamankan.

IMCNews.ID, Kualatungkal - Petugas Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal berhasil menggagalkan penyelundupan yang diduga narkotika jenis sabu yang ditemukan pada saluran pembuangan air keluar Lapas, Kamis (12/01/2023).

Kalapas Kuala Tungkal, I Gusti Lanang ACP, mengatakan bahwa barang tersebut pertama ditemukan oleh petugas pengamanan di saluran air menuju luar Lapas saat melaksanakan kontrol area dalam Lapas.

"Petugas P2U yang curiga terhadap keberadaan kabel tembaga di saluran air yang terhubung ke luar Lapas. Setelah ditarik ternyata ujung kabel tersebut berbentuk lengkungan seperti kail,” kata Gusti.

Petugas pengamanan yang mengetahui hal tersebut kemudian melaporkan kepada komandan jaga untuk mengambil tindakan lebih lanjut. 

Bersama staf KPLP dan komandan jaga, petugas P2U melakukan pemeriksaan pada saluran tersebut. Hasilnya, ditemukan benda memanjang yang digulung dengan isolasi berwarna hitam.

Usai mendapatkan temuan benda mencurigakan tersebut, komandan jaga segera melaporkannya kepada Kepala KPLP dan Kalapas. 

Benda tersebut akhirnya dibuka bersama-sama dengan disaksikan langsung oleh Kalapas, I Gusti Lanang ACP, Komandan Jaga, petugas P2U dan staf KPLP. 

Benar saja, di dalam benda tersebut terdapat 5 buah bungkusan plastik transparan berisi serbuk kristal yang diduga paket narkotika jenis sabu.

 

Sebagai tindak lanjut atas kejadian tersebut, Kalapas I Gusti Lanang ACP melaporkan temuan barang tersebut kepada Wakapolres dan Kasat Narkoba Polres Tanjung Jabung Barat.

Dengan adanya laporan dari Kalapas Kuala Tungkal, KBO dan anggota Satnarkoba Polres Tanjung Jabung Barat langsung mendatangi ke Lapas Kuala Tungkal untuk olah TKP dan meminta keterangan kepada petugas.

Usai olah TKP, barang bukti berupa 5 buah paket yang diduga narkoba jenis sabu tersebut diserahkan kepada pihak Polres Tanjung Jabung Barat untuk diproses lebih lanjut.

"Lapas Kuala Tungkal akan terus berupaya memaksimalkan pengamanan dan deteksi dini terhadap gangguan kamtib, terlebih lagi dalam memerangi peredaran gelap narkoba di dalam Lapas,” ujar Gusti. (*)



BERITA BERIKUTNYA