Gunung Kerinci Kembali Semburkan Abu Vulkanik hingga Ketinggian 1.200 Meter

Jumat, 13 Januari 2023 - 08:31:51 WIB

IMCNews.ID, Kerinci - Gunung Kerinci kembali mengalami erupsi pada Kamis sore (12/01/2023) sekitar pukul 18:10 Wib.

Kali ini semburan abu vulkanik dari kawah gunung berapi itu mencapai ketinggian 1200 meter. 

Ini lebih tinggi dari hari sebelumnya dengan ketinggian semburan 900 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Kerinci, Irwan membenarkan hal itu.

 "Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Barat Laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi sementara ini ± 10 menit," katanya. 

Irwan menyebutkan, pada seismik terekam tremor menerus dengan amplitudo maksimal 5 mm dominan 3 mm. Sampai Kamis sore erupsi masih berlangsung. "Saat ini Gunung Kerinci berada pada Status Level II (Waspada),"sebutnya.

Pihaknya merekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki ke puncak dalam radius 3 Km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas didalam radius bahaya/KRB III).

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari. Karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (11/1/2023), Gunung Kerinci juga mengeluarkan semburan abu dengan ketinggian 900 M di atas puncak gunung. 

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi sementara ini ± 8 menit 20 detik. 

Darto salah seorang warga Kayu Aro, mengatakan warga masih melakukan aktifitas seperti biasa, karena warga di wilayah kayu aro sudah terbiasa dengan erupsi Gunung Kerinci.

"Warga sudah terbiasa dengan gunung Kerinci yang mengeluarkan abu vulkanik, karena belum berdampak terhadap masyarakat. Kami Warga tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa ke ladang," katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci bersama Dandim dan Kapolres Kerinci langsung turun ke Kayu Aro untuk memantau langsung aktivitas Gunung Kerinci tersebut.

Plt, Kepala BPBD Kerinci, Darifus mengaku telah mendapatkan informasi soal meningkatkannya aktivitas Gunung Kerinci. 

"Kita sudah turun ke Pos Pemantauan Gunung Api di Kayu Aro, untuk memantau aktivitas Gunung Kerinci secara dekat. Untuk sementara sebatas pemantauan sambil menunggu informasi perkembangan dari PVMBG. Hingga saat ini belum ada pendirian posko," jelasnya 

Kapolres Kerinci AKBP Patria Yudha Rahadian, menyampaikan Himbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. 

"Masyarakat untuk tetap jaga situasi Kamtibmas tetap kondusif," katanya. (*)



BERITA BERIKUTNYA