Jembatan Layang Sungai Penuh Tak Terawat

Senin, 14 November 2022 - 14:04:02 WIB

Jembatan Layang Sungaipenuh. (ist)
Jembatan Layang Sungaipenuh. (ist)

IMCNews.ID, Sungaipenuh - Salah satu ikon Kota Sungaipenuh, yakni jembatan Kerinduan atau jembatan layang yang dibangun pada era Walikota Asafri Jaya Bakri, kini tak terawat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Sungaipenuh yang kini dipimpin oleh Walikota Ahmadi Zubir dinilai tak memperhatikan jembatan yang menghubungkan Pusat kota Sungaipenuh dengan Kecamatan Tanah Kampung tersebut.

Hal tersebut dilihat dari sejumlah lampu penerangan jalan yang mati dan portal yang biasa dipasang supaya mobil besar yang melebihi tonase tidak bisa melewati jembatan tersebut juga sudah ada yang terlepas. 

Kondisi itu membuat truk dengan bebas melewati jembatan layang tersebut. Khusnan salah seorang warga Sungaipenuh, yang melintas mengatakan bahwa dirinya menilai jembatan Layang tersebut kurang terawat.

"Portal sudah ada yang terlepas, makanya truk masuk jembatan. Jika dibiarkan truk bertonase besar lewat, jembatan akan mengalami penurunan, karena di bawah jembatan bukannya tiang pancang beton, tetapi gorong - gorong," katanya. 

Dikatakannya, jika gorong-gorong di bawah jembatan hancur, maka akan terjadi penurunan jalan di jembatan tersebut. "Lampu juga sudah banyak yang padam. Jalan sudah banyak yang berlobang, jika hari hujan air terlihat tergenang,’’ ungkapnya.

"Kita minta pak Walikota Ahmadi Zubir dan Wawako, Antos untuk merawat dan memperhatikan jembatan Layang ini. Mari kita sama-sama menjaga jembatan kembanggaan masyarakat tersebut," tambahnya.

Warga lainnya menilai Pemkot Sungaipenuh abai terhadap aset tersebut. Padahal jembatan ini menjadi salah satu daya pikat wisatawan yang datang ke Sungaipenuh.

"Jika wisatawan datang ke Kerinci dan Sungaipenuh, pasti mereka singgah berhenti di jembatan tersebut. Kita sangat menyayangkan jika dibiarkan begitu, icon Kota Sungaipenuh bisa hancur," sebutnya.

 "Semuanya tergantung perintah dari atasan, jika atasan memerintahkan pasti bawahan mengikuti, kita lihat atasannya tutup mata dan sengaja membiarkan," tutupnya.

Untuk diketahui, jembatan Kerinduan atau Layang ini memiliki panjang sekitar 800 meter dengan konstruksi cakar ayam ini, dibangun menggunakan dana APBN sebesar Rp 35 miliar. (*)



BERITA BERIKUTNYA