Sarmani Luka Parah Terinjak Kawanan Gajah

Senin, 03 Januari 2022 - 07:46:11 WIB

IMCNews.ID, Tebo - Niat Sarmani (46) warga Desa Muara Sekalo, Kecamatan Sumay menghalau kawanan gajah malah berujung petaka. Dia terluka parah akibat terinjak kawanan dan terkena gading gajah yang akan dihalau. 

Akibatnya, pria yang menjabat sebagai Kepala Dusun itu harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan.

Kepala Desa Muara Sekalo, Kabupaten Tebo, Herman membenarkan salah seorang warganya diserang gajah liar. 

Menurut dia, konflik gajah dengan warga tersebut terjadi pada Jumat malam (31/12/2021) lalu. Ketika itu gerombolan gajah liar masuk ke kawasan perkebunan warga. 

"Sudah beberapa hari ada satu ekor gajah liar yang terpisah dari kelompoknya masuk ke kawasan perkebunan warga," katanya.

Herman menceritakan awalnya ada Jumat malam, sekitar pukul 19.00 Wib, beberapa ekor gajah melintas dan merusak kebun warga.  

Melihat kejadian itu, Sarmani dan beberapa warga berusaha mengusir gajah. Namun seekor gajah terpisah dari rombongan dan mengejar Sarmani.

Selain korban ada empat orang warga lainnya. Tiga orang lari dan selamat. Sedangkan Sarmani jadi korban amukan gajah. 

"Saya sudah berulang kali mengingatkan warga untuk tak mendekat ketika ada gajah liar masuk perkebunan. Sebab, serangan gajah bisa terjadi kapan saja ketika merasa terusik," ungkapnya.

Herman menduga, kawanan gajah tersebut masuk ke kebun warga karena merasa terusik. Sebab, hampir dua bulan ini pihak BKSDA sedang memasang GPS dengan cara menembak kawanan gajah tersebut. Kebetulan lokasi kejadian, dulunya adalah habitat dari gajah-gajah itu dan sekarang sudah beralih menjadi perkebunan. 

Saat ini, lanjut Herman, tim BKSDA sudah membanguan penangkaran gajah di Desa Muara Sekalo, namun belum bisa menjinakan gajah liar tersebut. 

"Saat ini kita sangat berharap pihak BKSDA melanjutkan pembangunan pagar listrik di kawasan perkebunan warga dan area pemukiman, agar gajah liar tidak masuk ke pemukiman kita," pungkasnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Seksi Wilayah II BKSDA Jambi, Didik Bangkit Kurniawan mengatakan tim BKSDA bersama pihak terkait lainnya sudah mengiring gajah yang menyerang warga Dusun IV Medelang, Desa Muara Sekalo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo.

Langkah ini dilakukan untuk mengamankan gajah tersebut, agar tidak kembali ke lingkungan masyarakat. 

"Jadi kita giring gajah tersebut kembali ke habitatnya," katanya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA