PAW Apif Firmansyah Dipersiapkan Golkar

Kamis, 22 Juli 2021 - 06:07:57 WIB

IMCNews.ID, Jambi - Bekas orang dekat mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola, yakni Apif Firmansyah dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus suap pengesahan RAPBD Jambi 2017-2018.

Namun demikian, KPK belum memberikan keterangan resmi terkait informasi ini. Apif sendiri kini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi dari fraksi partai Golkar.

Meski diumumkan secara resmi oleh KPK, namun santer beredar kabar DPD I Partai Golkar sudah ancang ancang memproses Pergantian Antar Waktu (PAW) Apif yang terpilih di Dapil Tanjab Barat-Tanjab Timur tersebut.

BACA JUGA : Mantan Ajudan Zumi Zola Dikabarkan Sudah Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Suap Ketok Palu

Calon penggantinya adalah Djalil yang juga merupakan Caleg Golkar Dapil Tanjabbar-Tanjabtim pada Pileg 2019 lalu. Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Jambi, A Rahman tidak menampik rencana PAW Apif Firmansyah

"Kita tidak menyiapkan pengganti. Tapi memang aturannya seperti itu. Penggantinya adalah caleg nomor urut berikutnya yang meraih suara terbanyak nomor tiga," katanya, Rabu (21/7/2021) kemarin.

Pria yang akrab disapa Cemen itu mengatakan partai tidak menyiapkan bantuan hukum untuk Apif, karena kasus yang menjeratnya merupakan persoalan pribadi yang bersangkutan.

"Sama seperti tersangka sebelumnya dengan kasus yang sama, mereka sudah memiliki pengacara masing-masing. Partai tidak memberikan bantuan hukum," jelasnya.

Kabar penetapan status tersangka kepada Apif menyebar sejak Kamis, 15 Juli 2021 lalu. Informasi penetapan Apif sebagai tersangka ini diketahui dari pemeriksaan dua dari empat tersangka kasus suap RAPBD yang kini sudah ditahan KPK. Yakni Wiwid Iswhara (WI) dan  Arrakhmat Eka Putra (AEP).

Kabarnya, keduanya telah diperiksa sebagai saksi untuk berkas Apif. Wadji, kuasa hukum Arrakhmat Eka Putra dikonfirmasi ketika itu membenarkan kliennya sudah diperiksa untuk kelengkapan berkas Apif.

"Ya, AEP cerita, katanya dia sudah dipanggil untuk berkas AF," kata Wajdi, Kamis (15/7).

Hanya saja, Wajdi mengaku tidak menanyakan apakah kliennya dipanggil untuk AF sebagai tersangka atau saksi. "AEP yang ngabari ke saya. Saya dengar dari pengacara WI (Wiwid) juga begitu," ujar Wajdi.

Keterangan Wajd itu dibenarkan kuasa hukum Wiwid, Ilham Kurniawan Dartias. Ilham membenarkan kliennya telah diperiksa sebagai saksi dalam proses penyidikan untuk tersangka Apif Firmasyah dan Paut Sakarin (PS).

"Kita sudah konsultasikan dengan klien kita. Ya memang dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AF dan PS," kata Ilham. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA