Rp 120 Juta Untuk Penerapan Tilang Elektronik, Surat Tilang Dikirim Langsung ke Rumah

Selasa, 29 Juni 2021 - 06:26:18 WIB

Kendaraan pelanggar yang terekam kamera pemantau di salah satu lokasi di Kota Jambi. (ist)
Kendaraan pelanggar yang terekam kamera pemantau di salah satu lokasi di Kota Jambi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho mengatakan, Pemkot Jambi telah menyiapkan anggaran Rp120 juta untuk penerapan Tilang Elektonik (E-TLE).

Program ini telah dilaunching dua tahun lalu. Nantinya, surat tilang untuk pelanggar lalu lintas akan dikirimkan langsung ke rumah sesuai alamat kendaraan dengan menggunakan jasa PT POS.
    
“Anggarannya Rp 120 juta, target kita ada 1.000 konfirmasi pelanggaran,” kata Saleh, Senin (28/6/2021).
    
Saleh berharap dengan semakin banyak pengiriman konfirmasi pelanggaran tersebut masyarakat bisa lebih memahami E-TLE itu ada.
    
Sementara Wali Kota Jambi Syarif Fasha, usai penandatangan kerjasama dengan PT POS, Ditlantas Polda Jambi serta Polresta Jambi, mengatakan Pemkot Jambi membantu biaya pengiriman hasil dari E-TLE dengan Kantor POS, karena Kantor POS punya jangkauan paling luas.

“Kita tahu tilang elektronik ini sudah di launching 2 tahun yang lalu, tapi baru tahun ini diterapkan,” katanya.
    
E-TLE ini kata Fasha, salah satu inovasi yang dibuat Polri. Karena dengan sistem manual kata Fasha, yang kasian adalah teman-teman polisi.

"Petugas polisi sudah bekerja dengan benar, berdiri dipersimpangan jalan, ada yang melanggar diberikan tilang manual. Tapi masih melekat konotasi negatif terhadap petugas itu. Terkait itu mabes memikirkan bagaimana fitnah itu tidak lagi berjalan, salah satu inovasinya dengan tilang elektronik,” tuturnya.
    
Menurut Fasha, dengan diterapkannya E-TLE ini petugas kepolisian tidak lagi bersentuhan langsung dengan pelanggar lalu lintas. Hanya dipantau lewat monitor.

“Jadi pelanggar tidak bertemu petugas, hanya mendapat surat bukti pelanggaran dan data pelanggrannya. Pelanggar tidak bisa mengelak lagi,” pungkasnya. (IMC01)



BERITA BERIKUTNYA