Ratusan Calon Penumpang Jalani Tes GeNose di Bandara Sultan Thaha

Ratusan Calon Penumpang Jalani Tes GeNose di Bandara Sultan Thaha
Tes GeNose di bandara Sultan Thaha Jambi. (ist)

lIMCNews.ID, Jambi - Ratusan calon penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi menjalani tes GeNose yang telah diterapkan sejak Senin lalu. 

Eksekutif GM Bandara Sultan Thaha Indra Gunawan mengatakan, pada hari pertama penerapan layanan GeNose C-19 di Bandara Sultan Thaha Jambi (DJB) yang mengoperasikan tiga mesin GeNose. Terdapat 81 calon penumpang yang diperiksa sedangkan pada hari kedua sebanyak 50 penumpang.

"Kalau Ramadhan pengguna emang turun, jadi saya rasa cukup antusias masyarakat dengan tes GeNose ini jika dibandingkan jumlah penumpang," katanya. 

Kata dia, Angkasa Pura II telah mengimplementasikan penggunaan GeNose C-19 di 5 bandara yang dikelola salah satunya adalah Bandara Sultan Thaha Jambi, mulai 12 April 2021 kemarin.

Untuk layanan GeNose C-19 di DJB terletak di area selasar keberangkatan dan dibuka mulai pukul 07.00 sampai  17.00 WIB dengan tarif seharga Rp 40 ribu

"Pada tahap awal ini, kita siapkan untuk 200 hingga 500  kantong udara untuk calon penumpang pesawat udara setiap harinya," ujarnya.

Bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan, perlu memahami beberapa ketentuan dalam penggunaan GeNose C19 ini.

"Di antaranya, para penumpang diharuskan tidakmengkonsumsi apapun seperti makanan yg berbau menyengat, ngopi, merokok kecuali air mineral minimal 30 menit sebelum pemeriksaan, hasil dari pengecekan GeNose C19 hanya berlaku untuk 1 kali rangkaian perjalanan dan hasil pemeriksaannya sdh terintegrasi dengan eHAC Digital," tutur Indra. (IMC01/ant)