Ratu Sambangi Eksportir Pinang di Kuala Tungkal

Ratu Sambangi Eksportir Pinang di Kuala Tungkal
Ratu saat menyambangi pabrik eksportir pinang di Kuala Tungkal. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Pinang (Areca catechu) adalah salah satu jenis tumbuhan monokotil yang tergolong palem-paleman. Tanaman pinang juga merupakan salah satu tanaman dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. 

Cawagub Jambi nomor 1, Ratu Munawaroh  berkunjung ke pabrik pengolahan pinang PT Bintang Selatan, Desa Parit IV, Kampung Nelayan, Tanjung Jabung Barat, Kamis (26/11/2020) siang.

Didampingi Hadi pemilik PT Bintang Selatan, Ratu diajak berkeliling pabrik menyaksikan proses pengolahan pinang, dari mulai penyortiran hingga pengemasan pinang siap ekspor.

BACA JUGA : Sebelum Sisir Tungkal Ilir, Ratu Sempatkan Cicipi Kuliner Khas Daerah

Pinang di sini akan di ekspor ke berbagai negara diantaranya Singapore dan India.

Di sela - sela kunjungannya, Ratu menyempatkan diri berdialog dengan para pekerja pengupas pinang yang rata - rata adalah emak - emak.

Ratu pun tak sungkan ikut membantu para pekerja untuk menyortir pinang yang akan di ekspor ke luar negeri.

Letak PT Bintang Selatan ini berada persis di samping Pelabuhan Roro Kuala Tungkal, oleh karena lokasinya yang sangat strategis menjadikannya sebagai salah satu lokomotif ekonomi Jambi. 

"Sebagai eksportir komoditi pinang, perusahaan besar ini sudah sangat banyak menyumbang devisa negara dan penyerapan banyak tenaga kerja," kata Ratu Munawaroh di sela - sela kunjungannya.

Dirinya berharap, kedepan bagaimana keberadaan petani dan eksportir bisa sama - sama memberikan nilai lebih bagi pertumbuhan ekonomi Jambi.

Ratu memastikan, jika CE - Ratu terpilih pada 9 Desember mendatang, pemerintahannya akan menciptakan kondisi yang ramah bagi dunia investasi. Sehingga banyak investor mau menanamkan modal, masuk Jambi untuk mengelola komoditi unggulan Jambi. 

"Industri hilir harus banyak hadir di Jambi  dan pemerintah daerah adalah kuncinya dengan menyediakan regulasi yang memudahkan dan ramah investasi," tegas Ratu.

Sebelum itu, Ratu juga sempat berkunjung ke pabrik pengolahan pinang PT Budiman Sukses yang berada di Jalan Prof DR Sri Soedewi, Kuala Tungkal. (IMC01)