Puluhan Rumah di Mesram Rusak Diterjang Puting Beliung

Puluhan Rumah di Mesram Rusak Diterjang Puting Beliung
Salah satu rumah yang mengalami kerusakan. (ist)

IMCNews.ID, Muara Bulian - Puluhan rumah warga yang ada di Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari rusak di terjang angin puting beliung, pada Rabu (7/4/2021) lalu. 

Dua orang warga mengalami luka ringan akibat kejadian itu karena tertimpa reruntuhan bangunan rumah. Pihak Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, Anwar menyampaikan ini. 

"Kejadian tersebut terjadi pada dinihari, namun kami menerima laporan pada siang harinya. Dari pantauan, akibat dari peristiwa tersebut, ada puluhan rumah warga yang terdampak alami rusak ringan hingga sedang," terangnya.

Dijelaskan Anwar, sekitar dua Desa/Kelurahan juga ikut terkena dampak, yaitu Desa Pematang Gadung dan Kelurahan Kembang Paseban.

"Akibat kejadian ini, di Kelurahan Kembang Paseban ada sekitar 25 rumah yang terdampak dan satu fasilitas pendidikan, sementara untuk di Desa Pematang Gadung ada sekitar 60 rumah yang terdampak dan tujuh akses yang terdiri dari Pemerintahan dan Rumah Ibadah," ungkapnya.

Anwar menambahkan, dari pantauan di lapangan, untuk kerusakan sendiri mulai dari ringan hingga sedang, pada umumnya terjadi kerusakan pada bagian atap rumah warga. Dan saat ini terlihat puing-puing rumah yang runtuh sudah di bersihkan oleh warga sendiri.

 "Saat ini pihak kami juga sudah melakukan pendataan dan berupaya untuk melakukan pelaporan terhadap atasan untuk tindak lanjut selanjutnya," ujarnya.

Dia meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, karena kondisi hujan masih sering terjadi di Batanghari, sehingga menyebabkan bencana bisa terjadi sewaktu-waktu. (IMC01)