PT KBPC Didemo Ribuan Warga Rantau Pandan

PT KBPC Didemo Ribuan Warga Rantau Pandan
Ribuan warga menggelar aksi terhadap PT KBPC. (ist)

IMCNews.ID, Muaro Bungo - Ribuan warga Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo turun ke jalan, Kamis (8/4/2021). Mereka  menggelar aksi damai terkait penutupan jalan oleh tambang batu bara PT KBPC. 

Dalam aksi mereka melakukan doa bersama meminta terbuka hati pengusaha khusus pemilik PT KBPC untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat setempat.

Koordinator aksi massa, Danci mengatakan tindakan perusahaan sudah sangat merugikan warga. Kata dia, selama enam tahun mereka menderita.

Sementara pmerintah terkesan melakukan pembiaran terhadap keberadaan PT KBPC yang diduga tidak ada miliki izin tambang.

Warga juga mengklaim banyak tanah mereka diambil perusahaan tanpa sepengetahuan pemilik. Tanah yang diserebot bervariasi antara dua hingga empat hektar.

Mereka juga mengaku sudah melaporan ulah perusahaan itu ke polres maupun polda. " Kami menuntut perusahan  angkat kaki di wilayah Rantau Pandan,"kata Danci.

Sementara Kabag Ops Polres Bungo AKP Sandy Mutaqqin mengatakan akan mempalitasi pengaduan masyarakat. Menurut dia tidak ada yang kebal hukum. " Kalau memang salah, kita siap memproses sesuai dengan hukum berlaku,"kata Sandy.

Selanjutnya, masa membubarkan diri setelag Kapolres Bungo dan Dandim 0416 Bute menemui mereka. Kapolres  memberikan arahan kepada warga dan tokoh masyarakat untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. (ist)