Polisi Temukan Banyak Peta Tanah di Rumah Ketua SMB Muslim

Polisi Temukan Banyak Peta Tanah di Rumah Ketua SMB Muslim

Polisi Temukan Banyak Peta Tanah di Rumah Ketua SMB Muslim
Dirkrimum Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi (tengah) menunjukkan beberapa barang bukti berupa peta tanah dan surat menyurat lainya hasil penggeledahan kantor SMB dan Rumah Muslim. (Rano/IMCNews.ID)

IMCNews.ID, Jambi - Pihak kepolisian terus melakukan pemeriksaan dan penyelidikan kepada Ketua Serikat Mandiri Bantanghari (SMB) Muslim dan kompolotan nya.

Kali ini, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jambi menggeledah tempat yang diyakini sebagai Kantor kelompok SMB, yang berada di Mersam, Batanghari pada Kamis (25/7/2019) lalu.

Dirkrimum Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi mengatakan, bukan hanya kantornya, pihaknya juga menggeledah tempat tinggal Muslim. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat yang mengetahui kantor dan rumah Muslim. 

"Kami menemukan struktur keanggotaan mereka ditempel di belakang salah satu ruangan, ini menunjukkan bahwa benar itu adalah tempat yang mereka gunakan sebagai kantor," ungkapnya, Rabu (31/7/2019).

Disinyalir, di kantor inilah sejumlah korban yang hendak membeli tanah bertemu dengan Muslim untuk melakukan transaksi. Selain itu, kata Edi, mereka juga menggeledah rumah milik saudara Muslim (Ketua SMB).

Hasil penggeledahan, pihak kepolisian mendapatkan beberapa peta yang ada di Jambi. Bahkan ditemukan juga dari Sumatra Selatan, Sumatra Utara dan Riau.

"Jadi dia sudah mempetakan semua yang ada di Jambi dan juga ada peta dari Sumatera Selatan dan benar Sumatera Utara Riau. Kemudian kami juga mendapatkan brosur-brosur ataupun kliping koran yang dia lakukan terhadap semuanya mengenai masalah tanah," ungkapnya.

Selanjutnya, pihak kepolisian juga mendapatkan Kartu Keluarga (KK) Muslim anak dari orang tuanya dan beberapa dokumen-dokumen lainya termasuk akta.

"Kemudian kami juga mendapatkan brosur tentang bagaimana dia bergerak mulai dari awalnya untuk mendapatkan lahan lahan yang ada di wilayah Provinsi Jambi," katanya.

Selain dokumen, kata Edi pihak kepolisian juga menemukan 1 unit kendaraan Honda Beat berwarna hitam dan 1 unit truck hasil uang yang mereka kumpulkan saat ini dititipkan ke Polres Batanghari Jambi.

"Bila dilakukan pemeriksaan lebih lanjut nantinya motor dan truk akan dibawa ke Polda Jambi," pungkasnya.

Terkait peta sendiri, Edi mengaku pihaknya akan menyelidiki lebih jauh dengan bertanya langsung kepada Muslim untuk apa peta tanah tersebut dimilikinya. (IMC02)