Perlu Komitmen Bersma Penuhi Hak Penyandang Disabilitas

Perlu Komitmen Bersma Penuhi Hak Penyandang Disabilitas
Menaker Ida Fauziyah. (ist)

IMCNews.ID, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyebut, perlu komitmen bersama untuk memberikan pelindungan dan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas, termasuk dalam hal ketenagakerjaan.

"Penyandang disabilitas harus memiliki kesempatan dan ruang yang sama untuk bisa bekerja, berkarya, dan berkontribusi bagi bangsa Indonesia yang kita cintai. Masyarakat inklusif harus terwujud tanpa melihat latar belakang apa pun, menyandang disabilitas atau tidak," kata Menaker, Kamis (3/12/2020).

Menaker Ida menegaskan hak-hak penyandang disabilitas sudah tercantum jelas dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dalam UU itu telah diamanatkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan satu persen penyandang disabilitas dari total pekerjanya, sedangkan perusahaan BUMN sebanyak dua persen.

Penerapan tersebut untuk menjawab isu penting berupa pasar kerja yang didorong menjadi inklusi.

"Perusahaan harus memberikan ruang kepada penyandang disabilitas untuk bekerja secara formal serta memiliki ikatan kerja yang jelas dengan perusahaan," kata Ida. (IMC01)