Curcol

Penyebab Kegalauan yang Sering Mendera Mahasiswa

Mar 10, 2019 06:36
ILUSTRASI.(Istimewa)
ILUSTRASI.(Istimewa)

Novhelis Sandra Borty

Menjadi mahasiswa itu banyak galaunya, fase-fase di mana peralihan seorang manusia menjadi individu yang berwawasan luas, intelektual, berpendidikan dan berjiwa persatuan. Tetapi tidaklah semua bisa dikatakan demikian, mungkin saja hanya setengah dari keseluruhan mahasiswa atau barangkali lebih sedikit dari itu.

Semoga saja kelak semua akan berlangsung seperti itu. Mungkin tahun depan, dua tahun yang akan datang, lima tahun yang akan datang bahkan mungkin saja bertahun-tahun yang akan datang mahasiswa benar-benar menjadi individu yang berwawasan luas, intelektual, berpendidikan dan berjiwa persatuan.

Nah apa dong penyebab galaunya mahasiswa? Nih ada beberapa faktor-faktor yang membuat mahasiswa galau, no 6 paling sering dialami oleh penulis ini loh

Tugas

Yakin ga yakin, ini adalah musuh terbesarnya mahasiswa. Belum lagi tugas yang sukanya dikerjain pas deket deadline, gawat deh! Boro-boro sempat mikirin mantan, makan saja dilupakan.

Pada kenyataannya ini adalah salah si mahasiwa. Kenapa? Dosen juga manusia. So pasti, dia bukan memberikan tugas hari ini dan besoknya dikumpul. Biasanya tenggang waktu yang diberikan terhitung satu Minggu semenjak tugas diberikan. Yang salah siapa? Ngerasa ajalah ya.

Dosen Killer

Kalo ini dosen juga antagonis, hihi. Pasang wajah memelas dikira takut, pasang wajah ceria tetap kelihatan takutnya, alhasil dosen tambah penasaran dan mencoba untuk terus menyebut nama anda untuk maju ke depan.

Hati-hati ya! Usahain kalo sama tipe dosen yang begini belajar betul-betul deh, kalo bisa setiap akan belajar Anda harus tahu materi apa yang akan dibahas. Dosen begini mudah hafal loh nama-nama mahasiswanya, hehe.

Dosen Tidak Hadir Tanpa Memberi Kabar

Kalo sebagian mahasiswa sih seneng, dosen ngga masuk pulanga ajalah lanjutin tidur. Tetapi bagi sebagian mahasiswa yang rajin dan berbakti ini adalah sebuah kegalauan.

Berangkat dengan senang hati dan semangat tinggi tak lupa membawa buku-buku yang ketebalannya bahkan sulit untuk dihitunng, namun ketika tiba di kelas dosen tiba-tiba memberi kabar bahwa tidak dapat hadir. Mau ke mana?

Money Belum Tiba

Sabar, orangtua lagi cari uang loh, jangan ngebet minta kiriman terus! Takut kagak makan hari ini? Tenang, ada sebuah tips untuk kalian yang ingin menghemat dan belum mendapat kiriman uang dari orangtua. Mau tau?

Untuk bisa menghemat tentunya mengurangi uang jajan setiap ke kampus, untuk yang muslim anda bisa puasa sunah Senin Kamis loh, itung-itung hemat dan mengurangi uang jajan hari itu apalagi ada bonusnya. Mau tau bonus puasa Senin Kamis? Pahala tentunya ya, lainnya bisa searching di Google.

Gagal Pulang Kampung

Biasanya hari Jumat adalah hari yang sangat menyenangkan bagi sebagian mahasiswa. Mengapa? Karena besoknya adalah hari libur dan Minggu berjaya untuk tidak kuliah. Namun, menjadi mahasiswa bukanlah hanya sekedar kuliah-pulang. Mahasiswa kece biasanya tergabung dalam banyaknya organisasi atau UKM di sebuah universitas.

Tak jarang pula, organisasi berlomba-lomba mengadakan acara di sela-sela Sabtu dan Minggu. Di sinilah letak kegalauan yang dialami oleh mahasiswa yanng punya rutinitas pulang kampung setiap Minggu atau dua Minggu sekali. Antara organisasi atau kampung halaman.

Bukan hanya organisasi yang menggunakan waktu ini, bahkan fakultas dan prodi seringkali memanfaatkan waktu ini sehingga bertambah pula kegalauan mahasiswa. Intinya sih, lebih indah kampung halaman yang jauh karena kagak kepikiran buat pulang kampung. Wkwkwk

Sayangnya, itu hanyalah beberapa dari sekian kegalauan mahasiswa.

Jadi, mahasiswa bukan hanya galau karena putus sama pacar dan masih terbayang kenangan mantan, ternyata kegalauan mereka lebih dari itu.Satu-satunya jurus yang paling ampuh untuk mengatasinya adalah beribadah dan berdoa kepada Tuhan, memohon untuk ditunjukkan jalan yang benar dan meminta pilihan yang terbaik. #Eaak

*Penulis merupakan mahasiswa Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi.


Loading...