Penambangan Emas Ilegal Tewas Tertimbun Longsor

Penambangan Emas Ilegal Tewas Tertimbun Longsor
Lokasi kejadian. (ist)

IMCNews.ID, Muaro Tebo - Aktivitas Pertambangan Tanpa Izin (PETI) kembali menelan korban. Seorang penambang ilegal di Kabupaten Tebo tewas tertimbun longsoran tanah di lobang galian tambang. 

Korban diketahui berinisial ZN (55) warga Desa Muara Tabun, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo. Kapolres Tebo, AKBP Gunawan Tri Laksono mengatakan peristiwa tewasnya penambang itu terjadi pada Minggu (11/04) sekitar pukul 13.15 Wib. 

 "Korban meninggal dunia diduga tertimbun tanah di lokasi lobang galian PETI di Desa Muara Niro, Kecamatan VII Koto," katanya.

BACA JUGA : Bejat! Guru Agama Cabuli Enam Anak di Bawah Umur

Menurut dia, saat kejadian korban melakukan aktivitas penambangan illegal di darat. Korban menggali tanah memnggunakan mesin dompeng. Korban tertimbun longsoran tanah yang digalinya sendiri. 

"Korban dompeng darat. Kasus ini langsung ditangani oleh Polsek dan Reskrim," ungkapnya. 

Atas insiden ini, Gunawan mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan aktivitas PETI. Selain ilegal, aktivitas PETI ini sudah banyak memakan korban. 

"Kita harapkan masyarakat sadar kalau yang dilakukannya itu salah karena merusak lingkungan," tambahnya. 
 
Gunawan tidak menampik saat ini aktivitas PETI itu masih ada. Pasalnya para pelaku melakukan aksi secara diam diam ketika sedang tidak dilakukan pengawasan. Namun, pihaknya akan terus melakukan pemantauan semaksimal mungkin. 

"Yang masih beraktivitas itu, mereka curi-curi (diam-diam), " ujarnya. (IMC01)