ODP Sejumlah Daerah Berkurang, Begini Penjelasan Jubir Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi

ODP Sejumlah Daerah Berkurang, Begini Penjelasan Jubir Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi
tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi – Gugus tugas penanganan covid-19 Provinsi Jambi terus merilis data perkembangan Corona di Jambi dari hari ke hari. Dari data yang dirilis tiap harinya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di sejumlah daerah di Provinsi Jambi terlihat ada yang bertambah dan ada yang berkurang.

Soal bagaimana bisa jumlah ODP di sejumlah daerah dapat berkurangnya, Johansyah, juru bicara penanganan covid-19 Provinsi Jambi menjelaskan berkurangnya jumlah ODP itu ada alasannya.

“Karena sudah banyak yang dalam pemantauan dari tim kesehatan sudah selesai isolasi mandiri dan dinyatakan sehat,” terangnya.

Dia mencontohkan di Kabupaten Kerinci terjadi lonjakan jumlah ODP. Menurutnya hal itu karena tim telah melakukan tracing contact pasien positif yang berasal dari daerah tersebut.

BACA JUGA : Penjelasan Jubir Penanganan Covid-19 Provinsi Soal Perbedaan Data ODP dan PDP di Kota Jambi

“Tim kita sudah bekerja untuk melakukan cek kesehatan hasil contact tracing terhadap pasien positif nomor 2. Maka ODP-nya meningkat signifikan,” sebutnya.

Sebelumnya, Kamis (2/4/2020), gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi kembali merilis data terbaru perkembangan virus Corona (Covid-19) di Jambi. Dari data yang disampaikan, secara keseluruhan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Jambi bertambah dari sebanyak 1.091 menjadi 1.115 orang dibanding sehari sebelumnya. Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berkurang dari 16 menjadi 15 orang.

Di sisi lain, sudah ada yang dinyatakan positif sebanyak 2 orang. Sementara yang sudah dinyatakan negatif sebanyak 18 orang serta yang masih menunggu uji swab ada sebanyak 5 orang.

Johansyah, jubir penanganan  covid-19 Provinsi Jambi menguraikan, jumlah PDP di Kota Jambi bertambah 8 menjadi 9 orang. Begitu pula dengan yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah dari 397 menjadi 404 orang.

Di Batanghari, angka ODP kembali bertambah dari 160 menjadi 168 orang dan PDP kosong. Sementara di Sarolangun ODP kembali berkurang dari drastis dari 32 menjadi 19 orang. Kemudian PDP masih sama dengan sehari sebelumnya, satu orang.

BACA JUGA : Puluhan Orang di Kerinci Terdata Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19, Termasuk Tenaga Medis

Di Merangin, ODP bertambah dari 20 menjadi 22 orang dan PDP masih kosong. Kemudian, ODP Sungaipenuh juga bertambah dari 11 menjadi 13 orang dan PDP kosong.  Selanjutnya, Kerinci ODP kembali bertambah cukup tinggi dari 82 menjadi 104 orang dan dan PDP berkurang 5 menjadi 3 orang.

Demikian juga di Muaro Jambi, ODP juga bertambah dari 139 menjadi 145 orang dan PDP kosong. Di Kabupaten Bungo, ODP kembali berkurang dari sehari sebelumnya 123 menjadi 117 orang dan PDP masih sama 1 orang. Di Muaro Tebo ODP turun dari 105 menjadi 100 orang dan ada 1 PDP.
 
Sementara di Tanjab Timur, ODP bertambah satu orang dari 8 menjadi 9 orang dan PDP kosong. Sementara di Tanjab Barat, ODP masih sama dengan sehari sebelumnya 14 orang dan PDP nihil. (IMC01)