Curcol

Menikmati Lezatnya Ikan Kerutup yang Meletup-letup di Mulut

Feb 23, 2019 04:26
ILUSTRASI.(Istimewa)
ILUSTRASI.(Istimewa)

Siti Enik Mukhoiyaroh Bambang

Masakan tradisional patut untuk dilestarikan, karena kekhasan dan keunikannya menjadi kebudayaan nasional yang ada di Indonesia. Jangan sampai masakan tradisional kita dijajah dengan masakan-masakan modern yang sedang berkembangbiak di Indonesia.

Salah satu contoh masakan tradisonal adalah ikan kerutup. Ikan kerutup merupakan masakan khas dari Provinsi Jambi. Ikan kerutup biasanya terbuat dari bahan dasar ikan mas, dan ikan nila dengan berbagai macam bumbu yang diletakan di atas danging ikan kemudian meresap ke dalam dagingnya.

Ikan kerutup memiliki keunikan yang berbeda dari masakan yang lain karena dalam proses memasak ikannya dibungkus daun pisang yang telah dilumuri oleh bumbu dan rempah-rempah, kemudia ikan tersebut digoreng hingga masak.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat ikan kerutup yang lezat adalah ikan mas atau ikan nila, daun pisang, garam, jeruk nipis, cabai merah besar, bawang merah, air asam, gula pasir, daun pisang dan minyak goreng.

Setelah bahan-bahan tersedia maka tinggal membuat ikan kerutup dengan cara:

  1. Sianglah terlebih dahulu ikan yang akan dibuat kerutup, lalu perut ikan tersebut dibelah dan masukan bumbu yang telah dihaluskan dan biarkan selama satu jam
  2. Setelah bumbu meresap bungkuslah ikan yang telah dimasukan bumbu dengan disemat menggunakan lidi yang telah dipotong.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan ikan kerutup lalu ditutup samapai ikan telah matang.       

Setelah ikan selesai digoreng angkatlah ikan kerutup lalu sediakan sambal untuk melengkapi kelezatan dari ikan kerutup, lebih mantap lagi jika menyantap ikan kerutup ditambah dengan nasi yang hangat membayangkannya saja sudah membuat meletup-letup di mulut.

Mari para generasi penerus bangsa kita cintai makanan tradisional yang ada di Jambi, jangan sampai kebudayaan nasional kita dijajah dengan kebudayaan negara lain, cintailah budaya Indonesia.