MENGINSPIRASI: Mahasiswa Ini Pernah Jadi Tukang Sayur Bahkan Kuli Panggul, Hingga Akhirnya Menjadi Mahasiswa Berprestasi!

MENGINSPIRASI: Mahasiswa Ini Pernah Jadi Tukang Sayur Bahkan Kuli Panggul, Hingga Akhirnya Menjadi Mahasiswa Berprestasi!
FOTO. Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian UNJA

Berbicara tentang kehidupan, pasti tidak lepas dari yang namanya pengorbanan, jatuh-bangkit dan segala ujian dan kesulitan di depan mata.

Rubrik lifestyle kali ini akan membahas tentang perjuangan salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jambi yakni Haris Sai Anhar yang begitu inspiratif dengan segala kegigihannya dalam menghadapi ujian di dunia nyata maupun dunia kampus. Bagaimana tidak? Selama kuliah, ia pernah merasakan lelahnya menjadi sopir, kernet, bahkan menjajahkan durian di pinggir jalan.

Mahasiswa kelahiran Sidorukun, 02 Juni 1995 ini sebelumnya juga pernah menjadi kuli panggul, puluhan kilo beban yang ia angkut demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Tanpa kenal lelah ia harus pandai membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Namun segala ujian yang datang dalam hidupnya tidak membuat Haris lekas putus asa, hal itu dibuktikan dengan kemenangannya pada Lomba Debat Mahasiswa Bidikmisi Indonesia 2018 di Universitas Bangka Belitung, tidak tanggung-tanggung, ia menyabet piala juara 1 untuk tingkat nasional. Pada tahun sebelumnya, bahkan Haris mendapatkan predikat Mahasiswa Bidikmisi Terinspiratif Tingkat Nasional 2017.

Haris juga berhasil meraih gelar Mahasiswa Berprestasi Fakultas Pertanian Universitas Jambi 2017

Tidak hanya berbagai prestasi diatas, Haris juga mendirikan IKII Laundry, oemah.com yang bergerak di bidang pertanian, serta Oemah Farm yang membidangi budidaya tanaman herbal atas usaha kerasnya sendiri. Di lingkungan fakultasnya, Haris juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan suka menolong teman-temannya.

Sahabat kita satu ini pun tidak pelit untuk membagikan rahasia jitunya dalam mencetak prestasi-prestasi selama menjalani pendidikan di bangku kuliah, yaitu

Kerja Keras

Bagi Haris, tidak ada sesuatu hal yang besar tanpa ujian yang besar pula, jadi semua butuh perjuangan yang besar untuk mendapatkanya. Tanpa kerja keras, takkan ada hasil maksimal.

Usaha Tanpa Batas

Berani keluar dari zona nyaman, dan berbuat tanpa batas. Melampaui keterbatasan adalah langkah untuk meraih kemenangan

Ikhlas

Apapun yang dijalani, balasan bukanlah hal utama bagi Haris. Asas meringankan beban sesama adalah sesuatu yang lebih berharga, dan tidak akan ada ruginya bagi kita yang tulus berniat menebar kebaikan.

Harapannya kisah Haris tadi mampu menginspirasi kita semua agar tidak lekas menyerah pada keadaan, dan selalu memandang positif setiap peristiwa-peristiwa dalam hidup. Tidak peduli darimana pun kita berasal, apa pun kita atau siapa pun kita, kita semua berhak menjadi pemenang.  Tak ada yang tidak mungkin. Selamat meraih kemenangan lain sahabat IMC semua!

 

(A.S)