Mau Urus Izin Usaha di Tengah Pandemi Tahun Ini Masih Tetap Bisa

Mau Urus Izin Usaha di Tengah Pandemi Tahun Ini Masih Tetap Bisa
Tim saat memberikan peringatan kepada pelaku usaha di Jambi. (ist)

IMCNews.ID, Jambi - Layanan command center Satgas COVID-19 Kota Jambi masih tetap diaktifkan untuk pengurusan izin relaksasi kepada masyarakat yang ingin membuka usahanya pada 2021.

"Selain melakukan upaya percepatan pencegahan penularan COVID-19 Satgas COVID-19, Kota Jambi juga melalukan layanan izin relaksasi usaha," kata Ketua Tim Relaksasi Satgas COVID-19 Kota Jambi, Jailani. 

Namun pada  2021 layanan pengurusan izin relaksasi tidak dibuka setiap hari kerja seperti tahun 2020 lalu. Layanan administrasi perizinan relaksasi hanya dilakukan pada hari Selasa dan Kamis pada setiap minggunya. 

Bila ada pelaku usaha yang ingin mengurus izin relaksasi cukup datang pada hari tersebut ke Mako Damkar Kota Jambi yang ditetapkan sebagai posko Satgas COVID-19 Kota Jambi. 

Layanan perizinan relaksasi hanya dibuka dua kali dalam seminggu karena pengusaha yang mengurus perizinan relaksasi di daerah itu sudah tidak banyak lagi. Karena sebagian besar pengusaha sudah mengurus izin relaksasi pada tahun 2020. Selain itu, pada akhir tahun 2020 Satgas COVID-19 Kota Jambi juga sudah melakukan penertiban terhadap pelaku usaha di daerah itu. 

"Pengurusan izin relaksasi cenderung menurun, maka dari itu proses administrasi hanya dibuka dua kali dalam sepekan," kata Jailani. 

Sementara itu untuk kegiatan monitoring tetap dilaksanakan. Karena kegiatan tersebut bertujuan untuk mendisiplinkan pelaku usaha dalam menerapkan protokol kesehatan. Satgas COVID-19 Kota Jambi akan melalukan tindakan tegas terhadap pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan COVID-19. 

"Tahun 2021 ini kita juga lakukan efisiensi terhadap petugas administrasi karena anggaran COVID-19 di tahun ini sudah dikembalikan ke OPD masing-masing," kata Jailani. (IMC01)